Tigalima Homestay (Yogya)

Tigalima Homestay terletak di Jl. Affandi (Gejayan), lokasinya kurang-lebih di belakang Gardu Induk PLN. Dari Jl. Affandi masih masuk ke jalan kecil, tapi hampir semua supir taksi & ojek yg saya naikin tau.

Jalan menuju Tigalima Homestay
Jalan menuju Tigalima Homestay

Rating di TripAdvisor bagus, and I can see why. Tempatnya terdiri dari beberapa pavilion dan bangunan besar berisi kamar-kamar. Asri dan teduh, banyak pepohonan di sana-sini. Kamar-kamar yang besar ada terasnya, dan ada kolam renang kecil di tengah.

Kolam Renang Tigalima Homestay
Kolam Renang

Yang bikin menarik buat saya adalah ada common kitchen di belakang. Ada piring-sendok, kompor, dan alat masak sederhana untuk manasin makanan dan bikin mi instan. Bayangin pesan bakmi jawa atau tongseng via ojek, trus datang dalam keadaan anget cenderung dingin. Tinggal diangetin bentar supaya panas mengepul 😁

Tiap kamar ada temanya sendiri. Saya ambil kamar deluxe dan dapatnya BALI. Ada juga kamar KOMODO, SULAWESI, JAKARTA, dsb.

Paviliun di Tigalima Homestay
Paviliun bertema Bali

Kamarnya luas, menurut info di situsnya ukuran 25m2. Ada perabot standar kayak lemari, TV & meja kerja. Ada juga tambahannya seperti kulkas, safe deposit box, bangku dipan, dan rak buku.

Semua pakai bahan kayu & bambu. Karena banyak taman, kadang ada nyamuk masuk. Makanya ranjangnya pake kelambu 😂

Tempat Tidur Tigalima Homestay
Ranjang berkelambu…

Kamar mandinya luas banget. Kalau bawa matras, bisa banget stretching di kamar mandi. Dan lantainya tipe ubin yg gampang kering gitu.

Ini dekorasi di dalam kamar tema Bali. Untung saya ngga dapat kamar komodo,  ngga kebayang hiasannya kayak apa 😂

Di Tigalima Homestay juga ada penyewaan sepeda, motor, dan laundry kiloan. Praktis banget ga perlu ribet nyari-nyari lagi.

Tarif sewa motor & sepeda
Tarif sewa motor & sepeda (tahun 2016)

Menu sarapannya sederhana tapi cukup enak, plus buah, jus, dan teh/kopi. Klo mau sarapan di luar, deket situ ada Gudeg Trotoar yg enak tapi antrinya masaoloh.

Secara keselurahan cukup recommended, baik untuk menginap bersama teman-teman maupun keluarga. Lokasi strategis, kamarnya bagus, fasilitas lengkap, stafnya juga ramah. Hanya tarifnya memang cukup premium untuk ukuran homestay di Yogya.

 

Tigalima Homestay
Jl. Affandi (Gejayan) Kepuh GK III / 946
Caturtunggal, Yogyakarta
https://tigalimahomestay.com/

Leave a comment