Kepiting Surya Super Crab

Oleh-oleh Makassar

Ini sebagian oleh-oleh dari Makassar yang pernah saya palak coba.

Otak-otak Makassar

Otak-otak Makassar

Otak-otak Makassar terkenal akan ukurannya yang menggemaskan. Jangan bayangin otak-otak abang-abang atau yang suka disajikan di resto seafood di Jakarta ya. Otak-otak Makassar lebih montok, dengan rasa ikan dan santan yang nendang. Yang terkenal adalah Ibu Elly & Ibu Sanny, tapi resto seafood seperti RM Nelayan juga menyajikan otak-otak yang mantap.

Jalangkote (pastel Makassar)

Jalangkote (foto dari detikfood)

Jalangkote mirip dengan pastel, tapi dengan kulit yang lebih tipis dan renyah. Isiannya kadang ditambah irisan daging cincang, lalu dimakan dengan sambal berwarna jingga. Kalau pernah makan Pastel Ma’Cik, yah kurang lebih seperti itu deh. Salah satu yang terkenal adalah penjual jalangkote di Jl. Lasinrang.

Bakso Ati Raja

Bakso Ati Raja (sebelah kanan)

Nyuknyang alias Bakso Ati Raja, yang pernah saya bahas di sini, punya paket bakso kering dalam kemasan yang bisa dibawa untuk oleh-oleh. Di dalamnya sudah termasuk bumbu kuah dan sambal yang pedesnya mantap. Oh iya, bumbu kuahnya sangat asin, jadi sebaiknya ditambahkan sedikit demi sedikit dulu. Yang cukup enak menurut saya sih bakso kasarnya, kalau bakso halusnya biasa saja.

Kepiting Surya Super Crab

Kepiting Surya Super Crab

Kepiting Surya Super Crab dari resto spesialis penyedia masakan kepiting. Seperti yang pernah saya ceritakan sebelumnya, Restoran Surya juga menyediakan kepiting dan menu seafood lainnya seperti udang dan ikan, dalam kemasan kedap suhu untuk oleh-oleh. Ya ngga jauh beda sama Resto Kepiting Kenari dan Dandito di Balikpapan. Untuk rasa, ngga perlu diragukan lagi deh.

Mantao Pare-Pare

Mantao Pare-Pare (foto dari tribun makassar)

Mantao Pare-Pare sebenernya sesuai namanya, berasal dari Pare-Pare. Tapi berhubung di Makassar banyak yang jual, boleh juga untuk oleh-oleh. Buat yang belum tau, mantau adalah sejenis roti seperti bakpau, tapi lebih padat dan tanpa isian. Mantaunya lembut dan gurih, bisa diolah dengan cara dikukus atau digoreng dulu, baru dicocol kuah atau selai.

Kacang Sembunyi

Kacang Sembunyi & Kacang Intip

Kacang Sembunyi adalah kacang yang dibungkus adonan kulit dari tepung, lalu dimasak dengan gula. Semacam pisang molen ukuran mini, tapi kulitnya manis dan isinya kacang, bukan pisang. Ada juga Kacang Intip, tapi nasibnya ngga sesukses dan seterkenal kakaknya.

Kerupuk Bawang Makassar

Kerupuk Bawang Makassar

Kerupuk Bawang Makassar tidak sama dengan kerupuk bawang yang suka nongol di toples lebaran. Ini bentuknya stik, kayak cheese stick versi murah lalu disalut bumbu-bumbu yang agak pedas. Sekali makan harus seraup, sekali meraup ngga bisa berhenti.

Lombok Kuning Makassar

Sambal Merpati

Lombok Kuning Merpati alias sambal Merpati juga bisa jadi alternatif oleh-oleh Makassar. Rasanya nyosss pedasnya, saus-saus botolan di supermarket mah lewat. Ini kayaknya komposisinya cabe, cabe, cabe, baru bawang, gula, dsb. Cocok buat penggemar pedas dan/atau penggemar bakso.

Selai Kaya Phoenam

Selai Kaya Phoenam

Selai Kaya Phoenam dari kedai kopi Phoenam, rasanya manis, teksturnya agak padat, dan terasa banget telurnya. Gampang tengik (mungkin karena ga pakai pengawet) jadi sebaiknya masuk kulkas. Tapi kalau dari dalam kulkas teksturnya makin padat dan susah dioles. Jadi gimana dong? Entah ya, yang penting enak. Di Jakarta juga ada beberapa kedai kopi Phoenam cabang dari Makassar, tapi saya ngga tau jual selai atau engga.

Almond Butter Mama

Almond Butter Mama

Almond Butter Mama dari toko roti Mama. Kalau yang belum tau, almond butter ini mirip peanut butter/selai kacang (tanah) tapi dengan rasa yang lebih light. Lebih sehat karena dari almond dan nyaris tanpa gula, jadi rasanya ngga manis. Hanya gurih dari kacangnya saja. Saya biasa pakai untuk olesan roti, mantau, atau cocolan buah segar seperti apel.

Sari Buah Markisa

Sari Buah Markisa

Sejujurnya saya ngga tau apa bedanya Sari Buah Markisa dari Makassar dengan yang dari Medan. Kayaknya sih yang dari Medan lebih manis, tapi mungkin dulu yang saya minum adalah sirupnya. Merk yang terkenal adalah Bola Dunia, tapi saya paling suka Tiara karena lebih kental dan banyak bulir buahnya. Merk lain yang banyak bulirnya juga adalah Ujung Pandang. Sepanjang Jl. Sombaopu berjejer toko oleh-oleh yang menjual sari markisa. Oh iya sebagai catatan, saya sempat masuk ke beberapa toko dan mereka ngga memajang merk Tiara, tapi klo ditanyakan sih ada.

Minyak Gosok cap Tawon

Minyak Gosok cap Tawon

Kalau mau oleh-oleh yang awet alias bukan makanan, bisa coba Minyak Gosok cap Tawon. Pabriknya memang di Makassar, dan cikal-bakalnya sudah berdiri sejak tahun 1912. Sebenarnya ada 2 varian minyak gosok ini, yaitu yang tutup putih dan merah. Tutup putih lebih panas dan panasnya meresap sampai ke otot, tapi harganya jauh lebih mahal. Saya sih cuma punya yang merah murah-meriah, namanya juga dikasih, hahaha. Yang merah ini biasanya digunakan untuk bayi karena tidak begitu panas.

Kain tenun, sarung, dan songkok/peci Makassar juga sangat terkenal. Tapi berhubung saya ngga pernah beli/dikasih, jadi ngga bisa bahas. Oh iya, siapa yang ngga tahu kopi Toraja? Tapi saya ngga minum kopi, jadi ngga bisa bahas juga, hahahaha. Oleh-oleh lain yang bisa dicoba dalah sirup DHT (komponen pembuat es pisang ijo/pallubutung) dan aneka kue-kue kering khas Makassar maupun daerah sekitarnya.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s