Kamar Hillside Studio

Padma Hotel Bandung

Kereta Argo Parahyangan yang kami naiki, berangkat tepat waktu pukul 15:30 dari Stasiun Gambir. Sekitar pukul 18:30, kereta merapat di Stasiun Bandung dan mobil penjemput dari Padma Hotel sudah menanti. Jemput-antar dari stasiun dan bandara Bandung adalah salah satu layanan gratis dari hotel untuk tamu-tamu mereka. Perjalanan minggu malam itu cukup lancar, dan sekitar 30 menit kemudian, saya sampai di lobi Padma Hotel.

Kami disambut dengan sangat ramah, juga disediakan minuman selamat datang berupa bandrek. Di Padma Hotel, liftnya menurun, jadi lantai dengan posisi tertinggi adalah lobi dan lantai 1. Setelah turun 6 lantai, kami sampai di kamar Hillside Studio.

Kamar Hillside Studio

Kamar Hillside Studio

Saat memesan kamar, saya memang menulis bahwa kami akan menginap dalam rangka bulan madu. Makanya kamarnya dihias khusus dan dipasang kelambu segala (yang ternyata bikin gerahhh sodara sodara, hahahaha). Sebagai catatan, situs resmi Padma Hotel kadang punya harga promo yang lebih murah daripada situs booking online seperti Agd & Trvlk.

Di meja juga sudah disiapkan daftar aktivitas harian yang tersedia di Padma Hotel.

Daily activities

Daily activities

Kamarnya luas, ukuran 37m2. Kamar mandinya juga luas, dengan bak mandi dan kaca transparan (harus ya, kamar mandinya pake kaca transparan?). Toiletries lengkap, ada bath robe juga, tapi ngga ada pemoles sepatu. Oh iya, di toilet disediakan pesawat telepon, entah untuk tujuan apa.

Fasilitas kamar juga lengkap: kulkas, dvd player, SDB, juga modem pribadi di setiap kamar. Selain pemanas air minum, ada mesin pembuat kopi juga, lengkap dengan tablet refill-nya.

Tapi bagian favorit saya dari kamar Hillside Studio adalah bangun tidur dengan pemandangan seperti ini…

Jendela kamar Hillside Studio

Jendela kamar Hillside Studio

Setiap pagi, buffet breakfast tersedia di resto lantai 1 (lantai teratas), dengan pemandangan ke arah bukit yang hijau. Ngga usah takut kepanasan kalau duduk di sisi timur, soalnya mereka punya tirai elektrik yang bisa ditutup untuk menghalau matahari. Selain sarapan, resto ini juga menyajikan kue-kue tradisional dan minuman gratis saat afternoon tea time.

Restoran Padma Hotel

Restoran Padma Hotel

Menu sarapannya cukup lengkap. Mulai dari menu eropa seperti pasta, pizza, aneka sosis dan kentang, menu khas sunda seperti batagor, siomay, kupat tahu, serabi, juga nasi & lauk a la priangan, menu nusantara seperti soto, nasi rames, dan jamu, aneka dim sum, aneka sereal, aneka kue dan pastry, dan yang paling menarik adalah… es krim!

Ice cream for breakfast? Why not!

Ice cream for breakfast? Why not!

Sebelum sarapan, kami sempat berenang dulu di kolam yang terletak di lantai 5. Jangan takut berenang pagi-pagi, karena airnya dihangatkan kurang lebih seperti suhu tubuh. Di pinggir kolam ada tamu yang sedang yoga. Instrukturnya tetap mengajar sesuai jadwal, meski yang ikutan hanya 1 orang. Note to self: lain kali kalau menginap di sini, bawa baju dan celana olahraga. Kami juga nyobain jacuzzi sebelah kolam renang, yang ternyata airnya panas banget, hahahaha.

Kolam renang Padma Hotel

Kolam renang Padma Hotel

Selain kolam renang ukuran besar, Padma Hotel juga punya fasilitas fitness centre dengan alat-alat yang cukup lengkap.

Fitness center

Fitness centre

Sehabis berenang dan sarapan, kami mengikuti aktivitas trekking. Saya berangkat ke Bandung cuma bawa sepatu cantik, jadi sehari sebelumnya saya sempat beli sandal yang agak representatif untuk trekking. Tapi pas ketemu sama pemandunya, sesungguhnya beliau agak menyangsikan karena saya ngga pakai sepatu. Dan memang benar, ternyata medannya cukup berat kalau cuma pakai sandal, karena naik-turun dan licin. Note to self: lain kali kalau nginep di sini, bawa sepatu olahraga.

Puncak jalur trekking

Puncak jalur trekking

Jalur trekkingnya adalah di bukit belakang hotel. Treknya sebagian besar masih tanah dengan pepohonan yang rimbun, dan sempat kelihatan beberapa ekor burung, juga serangga dan kupu-kupu. Jalur berangkat nanjak abis sampai ke puncak, lalu pulangnya menuruni jalur yang sama. Pemandunya bilang, jalur trekking mau disemen biar lebih nyaman, padahal kan malah rawan longsor ya? Oh iya, sebelum berangkat kami dibekali tongkat kayak kakek-kakek, yang sempat saya ketawain buat apa. Ternyata beneran membantu, hahahaha.

Tongkat untuk trekking

Tongkat untuk trekking

Kami menghabiskan sekitar 1 jam untuk trekking. Sesudahnya, dengan kaki dan sepatu belepotan tanah, pemandu menginstruksikan supaya kami semua melepas sendal dan sepatu di tempat cuci kaki, lalu membagi-bagikan sepasang sendal hotel yang baru untuk semua orang. Jadi kami kembali ke kamar pakai sendal hotel, sementara sepatu kami dicucikan dan diantar ke kamar dalam keadaan bersih. Asik banget ya servisnya?

Titik start trekking

Titik start & finish trekking

Selain trekking dan olahraga, ada bermacam aktivitas lain yang bisa dilakukan di Padma Hotel. Seperti misalnya mengunjungi mini zoo, memberi makan kelinci, memancing, panahan, basket, mini soccer, flying fox, wall climbing, mini golf, dan sebagainya.

Secara keseluruhan, saya sangat puas menginap di sini. Kamarnya luas, pelayanannya superb, fasilitasnya lengkap, sarapannya enak, dan sebagainya. Saya ngga bisa menemukan kekurangan satu pun, apalagi karena kami menginap sesudah long weekend rush. Beberapa review di TripAdvisor menuliskan soal pelayanan yang buruk saat resto dalam kondisi penuh, dan berisiknya anak-anak berlarian di lorong. Saya lihat hampir semua terjadi saat peak season. Selama saya menginap, staf hotel sangat atentif dan responsif terhadap saya dan tamu-tamu lainnya. Highly recommended and would love to revisit in the future.

 

Padma Hotel Bandung
Jalan Ranca Bentang No. 56-58
Ciumbuleuit, Bandung
http://www.padmahotelbandung.com/

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s