Konro Bakar dan Sop Konro Karebosi

Makan di Makassar (bagian 1)

Rating versi saya bisa dilihat dari jumlah bintang ya  :)

Coto Nusantara (****)
Makanan Makassar yang paling terkenal, mungkin adalah Coto Makassar. Dan Coto Nusantara adalah salah satu yang terbaik. Lokasinya sebenernya engga banget, di dekat pelabuhan dan daerahnya agak bronx. Tapi tetep aja tempatnya selalu penuh dengan pelanggan. Di luar jam makan pun resto ini tetap ramai, karena katanya orang Makassar biasa makan coto sebagai snack di antara sarapan dan makan siang. Aku tercengang…

Untungnya Coto Nusantara udah buka cabang yang tempatnya lebih enak. Tapi kalau masih pengen desak-desakan dan bersumuk ria dengan suasana yang masih raw, silakan datang ke Jl. Nusantara.

Coto Nusantara

Coto Nusantara

Alamat: Jl. Nusantara No. 32, Makassar
Cabang: Jl. Merpati No. 2 dan 3 (Belakang Bank Sulsel), Makassar
Jam buka: 06:30 – 18:00


Coto Ranggong (***)

Dilihat dari penampakannya, Coto Makassar di Jl. Ranggong ini tidak sekental temannya si Nusantara. Secara rasa juga dia lebih ringan, meski tetap penuh rempah. Saya pribadi kurang cocok, karena rasanya kurang bertenaga. Tapi melihat dari banyak juga pengunjung yang datang, bisa disimpulkan bahwa selera orang memang berbeda-beda, hahahaha. Btw, Coto Ranggong ini salah satu dari sedikit warung coto yang pemiliknya keturunan China, jadi layak juga untuk dicoba sebagai pembanding rasa.

Coto Ranggong

Coto Ranggong

Alamat: Jl. Ranggong No.13, Makassar
Telp.: (0411) 319509
Jam buka: 10:00 – 18:00


Palbas Serigala (****)

Palbas = Pallu Basa. Ask anyone in Makassar, kalau tanya Palbas mana yang paling enak? Pasti jawabnya yang di Jl. Serigala. Pallu Basa ini buat orang awam (termasuk saya) rasanya mirip Coto Makassar, tapi tanpa pengental kacang tanah halus, lalu ditambah campuran kelapa sangrai. Rasanya gurih tentu saja, dan ngga se-‘berat’ penampakannya. Mintalah tambahan telur mentah untuk diaduk panas-panas. Surgawi! Oh iya, seperti kedai Coto Nusantara, Palbas Serigala juga selalu ramai dan penuh orang. Jadi habis makan Pallu Basa yang nikmat, mending langsung berkemas dan pindah nongkrong di tempat lain.

Pallu Basa Serigala

Pallu Basa Serigala

Alamat: Jl. Serigala No. 54, Makassar
Jam buka: 09:00 – 21:00


Sop Saudara (***)

Saya makan ini di perjalanan ke Maros, sudah lupa nama kiosnya hehehehe. Bumbu dasarnya mirip Coto Makassar, tapi dengan tambahan cengkeh dan kayumanis, sehingga lebih wangi. Sop Saudara juga tidak memakai pengental kuah berupa kacang tanah halus seperti coto. Yang saya makan sebenarnya cukup enak, tapi sayangnya ngga impresif.

Sejarahnya, Sop Saudara ini pertama kali diciptakan oleh H. Dollahi, mantan pelayan kedai sop daging asal Pangkep yang membuka warung sendiri pada tahun 1957. Menurut Wikipedia, nama Sop Saudara terinspirasi dari nama “coto paraikatte” (biasa dijadikan nama warung yang menjual Coto Makassar). Dalam bahasa Makassar “paraikatte” berarti “saudara” atau “sesama”. Dengan nama tersebut, H. Dollahi berharap semua orang yang makan di warung ini akan merasa bersaudara dengan pemilik, pelayan dan sesama penikmat Sop Saudara.

Sop Sodara

Sop Saudara


Konro Karebosi (****)

Ini yang die die must try di Makassar. Konro artinya iga, dan menu utama di sini adalah Konro Bakar dan Sop Konro. Konro Bakar adalah iga panggang yang diberi bumbu kacang berempah khas Makassar, dan disajikan dengan kuah terpisah. Sementara Sop Konro adalah iga dan daging sapi yang dimasak seperti sop. Iganya empuk dan juicy, bumbu kacangnya manis dan gurih, kuahnya juga rasanya ringan, jadi ngga merusak rasa keseluruhan. Enak banget!

Konro Bakar dan Sop Konro Karebosi

Konro Bakar dan Sop Konro Karebosi

Alamat: Jl. Gunung Lompobattang, Makassar
Telp.: (0411) 3612157
Jam buka: 15:00 – 23:00


Nyuknyang Ati Raja (***)

Nyuknyang alias bakso yang paling terkenal di Makassar, yaitu Ati Raja. Nyuknyangnya ada yang halus, kasar, dan goreng. Rasanya lumayan enak, tapi untuk baksonya belum bisa mengalahkan Bakso Sonhaji/Sony (Lampung) idolaku. Nyuknyang Ati Raja juga punya paket bakso kering dalam kemasan yang bisa dijadikan oleh-oleh dan dikirim ke luar kota.

Nyuknyang Ati Raja

Nyuknyang Ati Raja

Alamat: Jl. Gunung Merapi No.170, Kota Makassar
Telp.: (0411) 3610093
Jam buka: 08:00 – 21:00


Mie Titi (****)

Sekilas mirip ifumie, tapi mie yang dipakai di sini kurus kering kayak snack lidi. Habis disiram topping berkuah kental dengan campuran daging dan sayur, mienya tetap garing dan ngga lembek. Mie Titi ini ternyata sekaligus nama restoran yang pertama kali mempopulerkan masakan ini.

Mie Titi

Mie Titi

Alamat: Alamat : Jl. Datumuseng No. 23B, Makassar
Jam buka: 12.00 – 03.00

Bersambung ke bagian 2 yaaa…

One thought on “Makan di Makassar (bagian 1)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s