Museum Batik Kuno Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi (Solo)

Selama beberapa tahun terakhir, museum ini menempati urutan pertama di daftar obyek wisata Solo versi TripAdvisor. Tentu saja saya tertarik untuk datang.

Museum Batik Kuno Danar Hadi

Bangunan Museum Batik Kuno Danar Hadi
foto dari: ttps://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Batik_Danar_Hadi

Museum ini menempati area sebuah rumah antik di Jl. Slamet Riyadi, Solo. Rumah ini dibangun pada akhir abad ke-19, dan dulunya adalah kediaman KRMTA Wuryaningrat, cucu dari Raja Solo Sri Susuhunan Pakubuwono IX. Pada tahun 1999, PT Danar Hadi membelinya dan Museum Batik Kuno Danar Hadi dibuka sejak 2002.

Museum Batik Kuno Danar Hadi

Ruangan Museum Batik Kuno Danar Hadi
foto dari: https://www.tripadvisor.com/Attraction_Review-g297713-d2487428-Reviews-Museum_Batik_Danar_Hadi-Solo_Central_Java_Java.html

Saya masuk dari sisi tempat penjualan batik dan suvenir, lalu membayar tiket seharga 35rb. Saat masuk ke area museum, seorang pemandu menyambut saya, memperkenalkan diri dan mulai menjelaskan mengenai sejarah batik.

Museum Batik Kuno Danar Hadi

Museum Batik Kuno Danar Hadi
foto dari: http://danarhadibatik.com/

Saya pernah dapat pemandu yang kalem dan suaranya lirih, pernah juga dapat yang energik dan talkative. Dua-duanya informatif sih, tapi dengan gaya yang berbeda.

Total koleksi kain yang dimiliki museum adalah sekitar 10,000 lembar, dengan 1,500 di antaranya adalah batik kuno, bahkan dari awal abad ke-19. Ngga semua kain dipamerkan sekaligus. Setiap 6 bulan sekali, tema batik yang dipamerkan diganti, jadi pengunjung yang sudah pernah datang lebih tertarik untuk datang lagi.

Selain aneka kain, dijelaskan juga mengenai proses pembuatan batik dan filosofi batik itu sendiri. Keluar dari sini dijamin lebih pinter deh, tau bedanya batik tulis dan print, tau bedanya batik Solo dan Yogya, dsb. Tapi sekarang saya udah lupa sih, jadi mungkin harus ke sana lagi, hehehehe.

Salah satu kolek batik foto dari: http://danarhadibatik.com/

Salah satu kolek batik
foto dari: http://danarhadibatik.com/

Sesudah puas berkeliling museum, pengunjung bisa melihat proses pembuatan batik di ruangan belakang. Ibu-ibu yang sedang membatik, dengan ramah menawarkan saya untuk mencoba menggoreskan malam (lilin) ke kain. Tapi berhubung saya mah ngga punya darah seni, jadi nonton aja sambil foto-foto.

Proses membatik

Proses membatik

Kalau habis itu terasa lapar dan haus, bisa mampir di Restoran SOGA yang terletak 1 area dengan museum. Harga makanan & minumannya mungkin sedikit mahal, tapi sebanding dengan suasana resto yang berkelas.

Restoran SOGA

Restoran SOGA

Secara keseluruhan, museum ini sangat recommended untuk didatangi. Di dalam museum sendiri tidak boleh mengambil gambar, makanya sebagian besar foto di tulisan ini saya ambil dari situs lain.

 

Museum Batik Kuno Danar Hadi
Jl. Brigjen Katamso No. 261, Surakarta
Jam buka: 9:00 – 16:00 (setiap hari)
http://danarhadibatik.com/

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s