Beach Hopping di Bali

Buat saya, bagian terbaik dari liburan ke Bali adalah pantainya. Kalau ada yang bilang pantai di Bali biasa aja, mungkin mainnya kurang jauh, hahahaha. Beberapa pantai cantik memang terletak di dalam resort, jadi kita harus membayar sejumlah uang/membeli makanan untuk mendapatkan akses masuk. Tapi banyak juga kok, pantai umum yang bagus. Oh ya, saya juga tipe yang malas naik-turun tangga jauh-jauh, jadi pantai yang butuh perjuangan tentu saja tidak saya datangi, hehehehe. Foto murni dari hp, ngga ada yang diedit heboh. Saya tau rasanya tertipu foto dari internet *uhuk*.

Pantai Balangan

Jalan masuk ke Pantai Balangan

Jika bergerak dari arah Pantai Kuta menuju selatan, setelah melewati jalan menuju Pantai Jimbaran dan Rock Bar Ayana, kita sampai di Pantai Balangan. Untuk mencapai pantai harus melewati tangga, tapi landai dan lebar, jadi cukup nyaman. Oh, the smell of the sea when you descends those stairs!

Pantai Balangan

Pantai Balangan

Bibir pantainya cukup panjang, pasirnya putih, hangat, dan fluffy. Lautnya berwarna hijau kebiruan. Pantai yang saya banget! Ada daybed yang bisa disewa kalau mau leyeh-leyeh. Highly recommended, apalagi lokasinya ngga begitu jauh dari pusat turis Bali alias Kuta dan sekitarnya.

Pantai Dreamland

Pantai Dreamland

Melipir ke selatan lagi ada Pantai Dreamland yang berada di dalam komplek Pecatu Indah/New Kuta. Pantainya cukup bagus, tapi lebih ramai daripada Balangan. Melihat matahari tenggelam di pantai ini cukup impresif, atau bisa juga sambil minum-minum cantik di Klapa atau El Kabron.

Pantai Padang-Padang

Pantai Padang-Padang

Pantai Padang-Padang masuk kategori yang turun tangganya lumayan ngos-ngosan, tapi masih bearable. Pantainya keliatan dari pinggir jalan raya, tapi posisinya di bawah kayak semacam teluk kecil gitu. Pasirnya putih dan halus, cocok untuk tiduran dan cuci mata karena banyak orang asing yang berselancar di situ.

Pantai Suluban

Pantai Suluban

Bergeser ke selatan lagi ada Pantai Suluban (Blue Point Beach). Setelah memarkir kendaraan dan berjalan ke arah pantai, kita akan ‘disambut’ kafe di atas tebing. Dari situ bisa menuruni tangga menuju pantai. Curam tapi tidak begitu banyak anak tangganya. Karena posisinya diapit tebing, bibir Pantai Suluban cukup sempit.

Pantai Suluban

Pantai Suluban

Menjelang matahari terbenam, lebih baik naik ke atas lagi dan mengambil posisi terbaik di kafe. Pemandangannya memang spektakuler, karena kita bisa melihat matahari beranjak sampai menjadi titik terakhir.

Pantai Suluban

Pantai Suluban

Bagus kan?

Pantai Pandawa

Pantai Pandawa

Kalau Pantai Suluban posisinya di tenggara Pulau Bali, Pantai Pandawa ini di selatan, jadi cukup jauh. Bibir pantainya panjang, pasirnya putih, lautnya hijau kebiruan. Ada daybed, warung makanan, penyewaan jetski, kayak, dsb. Rame sih, tapi berhubung pantainya luas jadi ngga sampai terlalu crowded.

Jalan Tol Bali Mandara

Jalan Tol Bali Mandara

Dari Kuta/Denpasar/Sanur untuk ke Pantai Pandawa, lebih mudah via Jalan Tol Bali Mandara. Lebih cepat, bebas macet, pemandangannya juga bagus.

White Sand Beach

White Sand Beach

Bonus: White Sand Beach. Sebenernya agak menyimpang dari jalur, karena posisinya di Karangasem. Jauh dari Kuta, jauh pula dari pantai-pantai yang saya sebut di atas. Tapi kalau memang tujuannya ke Bali Timur, harus disempatkan untuk mampir ke sini. Pantainya lebih mirip pantai di Bali Barat/Selatan daripada Bali Timur, karena pasirnya putih dan lautnya hijau. Pengunjungnya tidak ramai, penjual makanan & minuman juga ada. Sayang ke sini harus melewati hutan dan sedikit jalan off road, jadi agak rawan kalau pulangnya setelah sunset.

White Sand Beach

White Sand Beach

Ini sisi lain dari White Sand Beach. Saking sepinya sampai ada yang mancing ikan, hahahaha.

Jadi, kapan kita ke Bali?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s