Pantai Nguyahan

Beach-hopping di Gunung Kidul

Saya sering mendengar tentang keindahan pantai-pantai di selatan Yogyakarta. Saya juga sudah googling foto-fotonya dan terlihat menarik. Pasir putih dan laut biru, tentu menggoda banget buat pecinta pantai kayak saya. Makanya saya excited waktu memasukkan pantai-pantai Wonosari, Gunung Kidul, dalam itinerary liburan ke Yogyakarta.

Kami berangkat jumat siang dari pusat kota, dan sampai di tujuan sekitar 2 jam kemudian. Titik pertama adalah Pantai Indrayanti yang cukup terkenal.

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Ekspresi pertama saya waktu itu: lho kok begini? Kok beda sama yang di foto? Mana pasir putihnya? Mana laut birunya? Pasirnya kuning kecoklatan dengan banyak karang di dasar pantai. Air laut pun sedang surut jadi sejauh yang terlihat di pantai ya karang berlumut hijau, ngga bisa main air. Saya juga melihat banyak penduduk memanen ganggang dan mencari hewan-hewan kecil.

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Kecewa tapi mau gimana lagi, kami istirahat dulu di resto pinggir pantai, sambil memesan makan siang.

Makan siang di Pantai Indrayanti

Makan siang di Pantai Indrayanti

Total pesanan kami untuk makan bertiga sekitar 250rb. Mahal ya? Tapi dipikir ya sudahlah, mungkin mahal karena bisa makan di saung sambil memandang pantai. Sayangnya, rasa makanan juga biasa saja dan cenderung tidak segar. Sepulang dari situ, teman saya Sisca malah diare. Ternyata memang tidak direkomendasikan makan di Pantai Indrayanti, karena kualitas seafood-nya tidak sesegar Pantai Depok, misalnya.

Kami lalu melanjutkan perjalanan ke Pantai Sundak. Berhubung kelihatannya mirip-mirip dan lokasinya pun ngga jauh, kami memilih untuk ngga mampir. Mobil lalu melaju ke Pantai Krakal, dan kami pun tetep ngga tertarik untuk turun hahahaha. Ketiga pantai ini lokasinya cukup berdekatan, jadi kalau niat beach-hopping, sekali jalan bisa menjajal 3 pantai.

Sekitar 20 menit kemudian, kami sampai di Pantai Kukup. Dari lokasi parkir, pantainya ngga kelihatan. Malah keliatan berjejer penjual keripik seafood yang menggoda. Saya tentu langsung tertarik untuk turun, hahahaha.

Aneka keripik hasil laut

Aneka keripik hasil laut

Setipe dengan Pantai Indrayanti, Pantai Kukup juga berpasir kuning kecoklatan, dengan laut berkarang berlumut.

Pantai Kukup

Pantai Kukup

Ada pendopo di atas karang besar dan jadi lokasi foto yang menarik. Pengunjung bisa ke sana menggunakan jembatan yang terhubung ke pantai. Tapi saya malas, hahahaha.

Pantai Kukup

Pantai Kukup

Habis main di pantai dan beli aneka keripik, kami lanjut ke titik berikutnya, sekitar 1/2 jam perjalanan. Adalah Pantai Ngobaran, pantai yang ada puranya. Maap potonya kurang bagus, soalnya pas banget ada syuting acaranya Jennifer Arnelita & Budi Doremi (Hello Paradise). Udahannya, saya & Sisca sempat foto bareng & ngobrol sama Jennifer. Orangnya baik dan ramah banget, dia cerita habis syuting di Pacitan, banyak pantai yang bagus di sana *catet*.

Pantai Ngobaran, lagi ada yang syuting

Pantai Ngobaran, lagi ada yang syuting

Posisinya di atas tebing, jadi ngga ada bibir pantai berpasir.

Pura Pantai Ngobaran

Pura Pantai Ngobaran

Ada sedikit bibir pantai sih, tapi kayaknya agak nyeremin jalurnya.

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran

Berhubung sisi barat Pantai Ngobaran tertutup tebing karang besar, kami jalan kaki ke pantai sebelahnya untuk melihat matahari terbenam. Namanya Pantai Nguyahan, pantainya pun mirip pantai-pantai sebelumnya, dengan pasir dan karang berlumut. Kami memilih untuk duduk di atas bukit kecil menikmati pemandangan tenggelamnya sang surya.

Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan

Jadi, gimana kesimpulan saya setelah beach-hopping di beberapa pantai di selatan Yogya? Sejujurnya, buat saya sih masih belum bisa dibandingkan dengan pantai di Bali, misalnya. Tapi, mungkin saja saya salah memilih pantai, karena pantai di Gunung Kidul itu banyaaaak jumlahnya. Dan mungkin juga pantai-pantai ini lebih bisa dinikmati saat air laut sedang tinggi. Tapi untuk menikmati sunset, cukup recommended lah🙂

One thought on “Beach-hopping di Gunung Kidul

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s