Fosil gajah purba

Museum Purbakala Sangiran

Sekitar 1.5 jam perjalanan dari kota Solo ke arah Sragen, kami sampai ke Museum Purbakala Sangiran. Mungkin seharusnya ngga selama itu, tapi jalanan cukup rusak di beberapa kilometer terakhir dan kayaknya supirnya salah ambil jalan. Begitu sampai lokasi, sungguh ngga menyangka di tengah-tengah sawah dan perkampungan ada museum sekeren ini.

Museum Purbakala Sangiran

Museum Purbakala Sangiran (gambar dari Wikipedia)

Untuk masuk ke museum cukup membayar 5rb rupiah atau 12rb untuk wisatawan asing. Masuk akal ya, ngga kayak Taman Kupu-kupu Bantimurung (teteeeep, hahahaha). Habis itu kita menuju bangunan museum yang megah dan dibuat alur jalannya melingkar tanpa tangga.

Museum Purbakala Sangiran

Museum Purbakala Sangiran

Di lantai pertama, temanya adalah Kekayaan Sangiran. Di sini ditampilkan kehidupan di Sangiran mulai 2 juta hingga ratusan ribu tahun yang lalu.

Fosil gajah purba

Fosil gajah purba

Pada 1 juta sampai 200rb tahun yang lalu, ada 3 jenis gajah yang hidup di Sangiran, yakni Mastodon, Stegodon, dan Elephas. Bentuk fisik ketiga jenis gajah ini bisa dilihat dari gambar latar belakang dari foto fosil di atas. Elephas adalah cikal-bakal gajah modern yang kita kenal sampai sekarang.

Fosil Kuda Sungai Purba

Fosil Kuda Sungai Purba

Di salah satu situs purbakala Sangiran, pernah ditemukan fosil kuda sungai purba yang berusia 1.2 juta tahun. Bentuknya cukup mirip dengan kuda nil jaman modern, dan ini adalah replika dari fosil aslinya. Museum Purbakala Sangiran memiliki lebih dari 13rb obyek yang dipamerkan, sebagian asli dan sebagian replika. Fosil yang masih asli disimpan di Museum Geologi Bandung dan Balai Arkeologi Yogyakarta.

Fosil Manusia Purba Homo Erectus

Fosil Manusia Purba Homo Erectus

Semua obyek ditampilkan menarik, contohnya adalah penjelasan mengenai manusia purba Homo Erectus yang tinggal di Sangiran pada 1.5 juta – 1 juta tahun yang lalu.

Proses Evolusi Manusia

Proses Evolusi Manusia

Lantai kedua adalah Langkah-langkah Kemanusiaan, yang mengusung tema teori kejadian alam semesta serta evolusi makhluk hidup.

Timeline Penemuan Fosil

Timeline Penemuan Fosil

Di lantai ini tidak banyak fosil yang dipamerkan, tapi display lainnya pun cukup menarik (buat saya, hahahaha). Macam-macam infografis mengenai penciptaan alam semesta dan penemuan fosil di mancanegara maupun Indonesia ditampilkan dengan tata cahaya yang baik.

Area penemuan fosil

Area penemuan fosil

Titik-titik area penemuan fosil digambarkan dalam bentuk peta dengan lampu-lampu yang bisa menyala. Sebagian besar modul interaktif di museum masih berfungsi dengan baik. Ada yang sudah rusak tapi jumlahnya masih tolerable lah.

Tengkorak kerbau purba

Tengkorak kerbau purba

Lantai ketiga adalah Masa Keemasan Homo Erectus, yakni sekitar 500rb tahun yang lalu. Beberapa fosil hewan dan manusia purba dipajang di sini, baik yang berasal dari Sangiran maupun bukan. Yang cukup menarik adalah replika fosil homo floriensis, manusia kerdil (tinggi 110cm) yang hidup di Flores pada 95rb – 13rb tahun yang lalu.

Homo Floriensis

Homo Floriensis

Saya sangat merekomendasikan kunjungan ke sini, terutama jika sedang berada di Solo. Anak-anak usia sekolah mungkin akan sangat tertarik, begitupun orang dewasa. Displaynya menggunakan tampilan yang bagus, dengan tata bahasa Indonesia dan Inggris yang cukup baik. Setiap senin museum tutup untuk maintenance, dan hasilnya memang cukup rapi dan terawat. Untuk lokasi detilnya sudah muncul di google maps jika kita mengetik kata: “Museum Purbakala Sangiran”.

Beberapa foto saya saat kunjungan ke sini bisa dilihat di OneDrive.

 

Museum Purbakala Sangiran
Jl. Sangiran KM 4
Kalijambe, Sragen
http://sangiranmuseum.com/
Buka Selasa – Minggu 8:00 – 16:00

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s