Taman Kupu-kupu Bantimurung

Taman Kupu-kupu Bantimurung (Sulawesi Selatan)

Taman Kupu-kupu Bantimurung adalah bagian dari Taman Nasional Bantimurung Balusaraung, sekitar 1 jam perjalanan dari kota Makassar. Taman Nasional ini mencakup area 43 ribu hektar, yang selain taman kupu-kupu, juga ada pegunungan, hutan lindung, gua horizontal dan gua vertikal, tebing karst, dan sebagainya.

HTM Taman Kupu-kupu Bantimurung

HTM Taman Kupu-kupu Bantimurung

Baru sampai di gerbang masuk, saya langsung syok. Pembedaan harga tanda masuk untuk wisatawan dalam dan luar negeri adalah hal yang biasa ya, dan ngga cuma terjadi di Indonesia. Tapi sampai 10x lipat? Ck ck ck.

Taman Kupu-kupu Bantimurung

Taman Kupu-kupu Bantimurung

Sesudah masuk ke area taman, di sisi kanan ada jalan kecil menuju Museum Kupu-kupu. Saya memilih untuk singgah menjelang pulang saja, bukan di awal. Di sisi kiri ada Kolam Jamala yang katanya tempat mandi bidadari dan airnya berkhasiat obat. Melihat bentuknya kayak aliran sungai berwarna cokelat, tentu saya ngga tertarik.

Enteng jodoh itu penyakit yaaa

Enteng jodoh itu penyakit yaaa

Masuk ke dalam, kita bisa berjalan terus menyusuri aliran sungai, menuju danau tempat berkumpulnya kupu-kupu. Kalau malas berjalan, bisa ke area piknik dekat situ, gelar tiker lesehan atau menyewa gazebo.

Air Terjun Bantimurung

Air Terjun Bantimurung

Saya memilih untuk trekking ke danau. Sebagian jalannya cukup bagus, mengingatkan saya waktu trekking di MacRitchie Reservoir. Sebagian lagi ada yang rusak dimakan cuaca, juga ada yang masih jalan tanah.

Jalan menuju danau

Jalan menuju danau

Di sini sudah mulai terlihat beberapa ekor kupu-kupu bermain-main di antara pepohonan dan jalan. Kupu-kupunya ngga terlalu takut sama pengunjung, tapi memang kalau kita dekati, dia akan kabur.

Kupu-kupu hitam di tengah jalan

Kupu-kupu hitam di tengah jalan

Sekitar 30 menit jalan santai dan foto-foto, sampailah ke danau yang ngga begitu menarik ini, hahahaha. Disebut Danau Tengkorak karena katanya sudah memakan banyak korban karena arus bawah yang kuat.

Danau Tengkorak

Danau Tengkorak

Kalau ngga dikasih tau pengunjung lain, mungkin saya ngga tau bahwa di pinggir danau ini, banyaaaaaaaaak banget kupu-kupu. Serius banyak banget, bahkan kalau kita berdiri di titik yang tepat, kita bisa kayak dikerubuti kupu-kupu. Sayang kamera hp saya ngga bisa nangkep dengan bagus, hehehehe.

Kupu-kupu berkumpul

Kupu-kupu berkumpul

Puas bermain sama kupu-kupu, saya lanjut ke Gua Mimpi di dekat situ.

Gua Mimpi

Gua Mimpi

Tenyata untuk masuk gua saya harus bayar 50rb. Meski harga itu sudah termasuk sewa petromaks dan ditemani guide, tapi saya kurang sreg sama caranya, jadi saya putuskan untuk ngga jadi. Lagian saya lihat sekilas guanya gelap banget (yaeyalah, makanya dipinjemin petromaks). Atu tatuuuuut…

 Gua Mimpi

Gua Mimpi

Gua Mimpi adalah bagian terujung dari Taman Kupu-kupu, jadi sesudahnya saya kembali menyusuri rute yang sama saat berangkat tadi.

Rute perjalanan

Rute air terjun – danau (dan sebaliknya)

Beberapa hari sebelum saya berkunjung memang curah hujan cukup tinggi, jadi debit air di danau, sungai, maupun air terjun Bantimurung cukup deras. Saya memang ngga berniat main di air terjun karena males basah-basahan, hahahaha.

Background: Air Terjun Bantimurung

Background: Air Terjun Bantimurung

Sebelum pulang, saya mampir ke Museum Kupu-kupu yang sayangnya kondisinya kurang terawat. Isi museum hanya berupa 1 ruangan berisi display awetan kupu-kupu dari seluruh Indonesia dan sebagian mancanegara.

Display awetan kupu-kupu

Display awetan kupu-kupu

Tapi seru juga, karena di bawah masing-masing kupu-kupu ada penjelasan habitat aslinya dari mana. Saya menemukan beberapa kupu-kupu Bantimurung yang sempat saya lihat di pinggir danau.

Ini kan tadi ada!

Ini kan tadi ada!

Saya menghabiskan sekitar 2.5 jam di Taman Kupu-kupu. Hari sudah menjelang siang saat saya keluar dari taman, dan rombongan mobil-mobil dan bis wisata sudah mulai berdatangan. Saran saya kalau mau ke sini mending datang pagi sebelum terlalu ramai. Kupu-kupunya juga masih banyak.

 

Taman Kupu-kupu Bantimurung
Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan
Kordinat GPS: -5.0156113,119.6824095

One thought on “Taman Kupu-kupu Bantimurung (Sulawesi Selatan)

Leave a Reply

