TreeTop Walk

MacRitchie TreeTop Walk (Singapore)

Menurut petunjuk di situsnya, ada beberapa bis yang bisa digunakan untuk menuju Venus Drive, pintu masuk terdekat dari TreeTop Walk.

Take bus number 52, 132, 163, 166, 167, 855 and 980 and alight just outside ESSO station before the junction of Venus Drive, Upper Thomson Road and Sin Ming Avenue

Perjalanan dari hostel saya di Kallang kurang-lebih 30 menit, kita bisa turun di halte POM bensin ESSO atau di halte sesudahnya, lalu berjalan kaki sekitar 300m ke Venus Entrance. Saya sampai Venus Entrance sekitar jam 8:30 pagi, tepat setelah gerbang dibuka. Datanglah sepagi mungkin atau sekalian sore menjelang tutup (jam 5), karena siang hari udara Singapura panasnya naujubile.

MacRitchie TreeTop Walk

Disambut monyet di dekat gerbang masuk

Monyet di sini ngga agresif kayak di beberapa tempat di Bali. Pengunjung rata-rata mematuhi aturan untuk ngga memberi makan maupun buang sampah di area hiking. Monyet ngga menganggap manusia sebagai karung makanan, jadi mereka cuek-cuek saja. Sekitar 2km pertama, jalurnya cukup mudah dan nyaman dilalui. Ada jalan setapak berkerikil juga jalan aspal, semua dengan kontur datar atau sedikit menanjak (<15 derajat).

Venus Link

Jalan setapak

Saya menempuh 2km selama 30 menit, hingga sampai di Ranger Station. Di sini kita bisa istirahat sejenak, menggunakan toilet, juga mengisi botol minum di water station. Sebaiknya bawa botol air yang agak besar, saya bawa ukuran 500ml dan sempat merasa kehausan di jalan. Ingat bahwa itu adalah Ranger Station satu-satunya di jalur yang kita lewati, jadi pastikan mengisi botol sampai penuh dan buang air kecil jika perlu.

MacRitchie TreeTop Walk

Ranger Station

Perhatikan bahwa petunjuk arah ke TreeTop Walk berukuran kecil dan posisinya di bawah (lihat foto, yang warna putih). Saya waktu itu sempat kebingungan karena ngga menemukan papan penunjuknya, mana di depan saya ngga ada orang, hahahaha. Dari sini jalurnya cukup berat, naik-turun dengan kemiringan hingga >45 derajat.

Peirce Track

Jalur neraka😄

Kalau di jalur pertama saya bisa melewati 2km dalam 30 menit, di sini 500m saja butuh 15 menit-an. Tapi segala ngos-ngosan terbayar ketika sampai di TreeTop Walk.

TreeTop Walk

TreeTop Walk

Jembatan gantung ini panjangnya sekitar 250m dan kita bisa melihat aneka pohon, burung, juga melayangkan pandangan sampai ke arah reservoir. Sayangnya, jembatan hanya boleh diisi maksimal 30 orang, jadi kita ngga bisa berlama-lama di sana supaya bisa bergantian.

Upper Peirce Reservoir

Upper Peirce Reservoir kelihatan dari jauh

Ingat bahwa tadi jalur terakhir sebelum TreeTop Walk adalah menurun, jadi siapkan fisik untuk penanjakan durjana saat keluar dari TreeTop Walk, huahahahaha. Jalur TreeTop Walk ini satu arah, dan setelah melewati TreeTop Walk, kita harus memutar cukup jauh untuk sampai kembali ke Ranger Station. Sama seperti saat berangkat, jalur neraka naik-turun ini kurang-lebih 500m, kemudian kita bisa beristirahat dulu sebelum masuk ke Petaling Trail yang landai.

Petaling Trail

Petaling Trail

Petaling Trail ini sangat nyaman diarungi, dan di kanan kiri ada rambu (hati-hati ada hewan lewat, dsb.) dan informasi mengenai spesies dan ekosistem yang ada.

Papan informasi

Papan informasi

Saya pengennya sih baca satu-persatu soalnya menarik sekali. Sayangnya berhubung saya pergi sendiri dan di depan-belakang saya juga ngga ada orang, jadi agak ngeri-ngeri sedap kalau berlama-lama di sana, hahahahaha.

Papan informasi

Papan informasi

Petaling Trail ini panjangnya sekitar 1km-an, dan kurang-lebih setiap 400m ada tempat istirahat. Di ujung jalurnya adalah pertigaan, lalu kita bisa memilih mau kembali lewat Venus Drive, atau melanjutkan perjalanan ke jalur lainnya. Kalau lewat Venus Drive, maka sisa perjalanannya adalah 1km menuju Ranger Station, lalu 2km kembali ke Venus Entrance. Jika dihitung, total perjalanan rute TreeTop Walk dengan jalur Venus Drive sekitar 7km, dan saya menghabiskan 2.5 jam dari Venus Entrance sampai kembali ke Venus Entrance. Kalau jalan santai, saya rasa 3-4 jam adalah waktu yang nyaman untuk melintasi jalur tersebut.

TreeTop Walk

TreeTop Walk

https://www.nparks.gov.sg/gardens-parks-and-nature/parks-and-nature-reserves/central-catchment-nature-reserve/tree-top-walk

 

2 thoughts on “MacRitchie TreeTop Walk (Singapore)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s