014 IMG_0175

Beach Hopping di Phuket

Saya suka pantai dan (sampai saat ini) ngga pernah bosan liburan ke pantai. Tipe pantai favorit saya ya yang berpasir putih dan berlaut warna turquoise/toska, bukan laut gelap dengan karang berlumut. Makanya waktu ke Phuket, saya puas-puaskan bermain di pantai-pantainya yang cantik.

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, untuk berkeliling Phuket lebih murah menyewa motor/mobil. Rute beach hopping saya mulai dari sisi utara pantai barat Pulau Phuket, yakni Surin Beach.

Phuket Map

Peta Pulau Phuket (sumber: wikitravel)

Di sini pantainya masih sepi, meski sisi yang dekat jalanan penuh ditutupi oleh day bed beserta payung besar. Harga sewa day bed di pantai-pantai Phuket rata-rata sama yakni B100 untuk seharian penuh.

Surin Beach

Payung pantai di Surin Beach

Selain bermalas-malasan di pinggir pantai, kita juga bisa menyewa jetski, surfing, dan tentu saja bermain air.

Pantai Surin

Surin Beach yang sepi

Bergerak ke selatan ada Kamala Beach, yang sudah lebih ramai daripada Surin, meski ngga seramai Patong. Pantainya juga sama cantiknya, plus di sinilah terletak atraksi Phuket Fantasea yang terkenal itu.

Pantai Kamala

Kamala Beach

Pantai berikutnya adalah Patong, pusat keramaian Phuket. Kalau orang menyebut pantai Phuket, kemungkinan besar yang dimaksud adalah Patong. Pantainya memang ramai, tapi saya tetap lebih suka menginap di sini dibanding area lain karena banyak pilihan akomodasi dan makanan, mulai dari street food sampai fine dining.

Pantai Patong

Patong Beach

Di selatan Patong ada Karon Beach yang cukup ramai juga, meski ngga seramai Patong. Bibir pantainya cukup panjang, pantainya pun lebih cantik daripada Patong. Saya puas menghabiskan waktu di sini, bahkan sampai ketiduran di day bed, hahahaha.

Pantai Karon

Karon Beach

Selanjutnya adalah Kata Beach yang mirip Karon namun lebih sepi. Di sini ada pasar ikan (tapi bukan di pinggir pantai), juga banyak resto seafood dengan harga terjangkau. Sayang waktu itu saya ngga sempat mencoba karena sudah bawa banyak snack, hahahaha.

Pantai Kata

Kata Beach

Tempat terbaik melihat matahari terbenam di Phuket adalah Promthep Cape di sisi ujung barat daya Phuket. Sebelum melihat sunset, bisa mampir dulu ke candi gajah, tempat pemujaan kecil dengan puluhan patung gajah beraneka ukuran.

Kuil gajah

Elephant shrine

Lebih baik datang lebih awal untuk mendapatkan posisi yang enak, karena Promthep Cape adalah tempat wisata yang sangat populer. Saya melihat banyak bis wisata datang ke sana, dengan sebagian besar penumpang wanitanya memakai jilbab, mungkin berasal dari daerah mayoritas muslim di dekat perbatasan Thailand – Malaysia. Saya membentangkan sarung bali dan membuka bekal aneka snack, lalu duduk manis menunggu mentari terbenam.

Phromthep Cape

Promthep Cape

Pulang ke hotel meski sudah gelap, tinggal menyusuri jalanan sepanjang pantai yang tadi siang sudah dilewati. Ada beberapa ruas jalan yang cukup sepi sih, tapi kurang-lebih 40 menit sudah sampai di area Patong. Hati puas dan senang, tinggal mandi lalu lanjut aktivitas malam, hahahahaha.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s