Imlek 2012: Tahun Naga

Imlek di Singapore

Dulu, saya pertama kali ke Sg bertepatan dengan valentine’s day *ngakak* dan sudah masuk suasana menjelang imlek (Chinese New Year/CNY/Lunar New Year). And I love it! Ornamen kotanya, sale yang bertebaran, festival-festivalnya, dsb. Mungkin heboh dan serunya kayak suasana natal bagi sebagian orang. Sejak itu, saya sempatkan beberapa kali ke Sg di waktu sekitar libur Imlek.

Singapore Chinatown

Karakter Disney bertema Imlek

Resort World Sentosa selalu punya beberapa event khusus menyambut Imlek, salah satunya adalah Sentosa Flowers, festival bunga terbesar di Sg. Sayang, pelaksanaannya tidak rutin setiap tahun ada, bahkan sejak tahun 2014 Sentosa Flowers sudah ditiadakan.

Sentosa Flower

Sentosa Flowers

Festival yang ada setiap tahun adalah River Hongbao. Lokasinya di The Float @ Marina Bay, stadion terapung di atas Marina Bay. Di sini ada panggung hiburan yang menampilkan atraksi kebudayaan Chinese, aneka kios jajanan, pameran patung dari batu giok, festival lampion, juga ramalan shio untuk tahun mendatang, hahahaha.

River Hongbao Festival

River Hongbao Festival

Venue-venue lain juga banyak yang mengadakan event khusus menyambut Imlek. Misalnya di museum dan taman, ada eksibisi khusus bertema imlek. Ada juga Chingay Parade yang terpusat di sekitar Marina Bay. Tapi saya belum pernah nonton karena waktunya biasanya seminggu setelah imlek.

Singapore Botanic Gardens

Eksibisi Gallop Into Spring di Singapore Botanic Gardens

Restoran juga menyambut Imlek dengan cara yang they know best: bikin menu khusus Imlek. Kalau resto chinese tentunya wajar ya, bahkan mereka punya set menu khusus untuk malam menjelang Imlek, yang lebih festive dan harganya lebih mahal. Resto fast food pun ngga mau kalah, misalnya McDonald’s yang mengeluarkan Beef Prosperity Burger setiap Imlek (tersedia juga di Indonesia), serta… *drum rolls*… Taro Pie untuk menemani Apple Pie mereka๐Ÿ™‚

Apple Pie & Taro Pie

Apple Pie & Taro Pie

Pusat perayaan Imlek tentu saja di Chinatown. Di sini ornamennya paling heboh dibanding area lain, juga banyak acara-acara kebudayaan yang dilaksanakan. Puncaknya di malam sebelum Imlek, masyarakat keturunan Chinese berkumpul di sana menunggu detik-detik pergantian tahun dan merayakannya dengan pesta kembang api dan petasan.

Imlek 2012: Tahun Naga

Imlek 2012: Tahun Naga

Yang perlu diingat adalah, Imlek ini buat warga Sg semacam lebaran, yakni hari raya yang sangat penting. Sebagian besar pertokoan tutup cepat di malam menjelang Imlek, dan tutup total di hari pertama Imlek. Bisnis lokal malah banyak yang tutup sampai beberapa hari setelah imlek, dan mengakibatkan saya ngga bisa makan di target-target tujuan pas ke Sg tahun lalu *nangis*

Imlek 2014: Shio Kuda & koin emas

Imlek 2014: Tahun Kuda. Patung beserta koin emas saat malam menyala kayak lampion

Banyak yang tutup, tapi banyak yang masih buka juga dong? Iya sih, tapi karena supply berkurang, otomatis yang masih buka ya jadi rame, makanannya cepat habis, atau menunya ngga lengkap. Jadi saran saya sih, mending berangkat menjelang Imlek, lalu pulang sehari sebelumnya. Saya juga menghindari flight balik yang terlalu malam, jaga-jaga kalau lebih susah cari taksi/bis karena supir yang keturunan Chinese sudah pulang lebih cepat.

Shio Ayam! :D

Shio Ayam!

Last but not least, selamat menikmati liburan Imlek di Sg!๐Ÿ™‚

2 thoughts on “Imlek di Singapore

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s