Taman kota Sabang

Sabang (Aceh) bagian 4: kota dan catatan lainnya

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, Sabang adalah kota yang terdiri dari beberapa pulau, dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesarnya. Di dalam P. Weh, ada kota kecil yang merupakan pusat pemerintahan Sabang, yakni kota (kecil) Sabang. Pantai Sumurtiga terletak cukup dekat dari kota Sabang. Sore itu sebelum check-in di hotel Perdana, saya diantar menuju taman di depan kantor walikota Sabang, yang ditata dengan cantik. Pemandangannya juga bagus karena posisinya di atas bukit.

Taman kota Sabang

Taman kota Sabang

Kebetulan saat saya ke sana, Kota Sabang sedang berulang tahun, yang artinya diadakan Festival Sabang Fair selama seminggu. Di festival ini selain pasar malam, panggung hiburan, aneka lomba kesenian, layar tancep, juga ada anjungan-anjungan dari kabupaten se-Aceh raya. Saya menyempatkan berfoto di kursi pelaminan salah satu anjungan (Aceh Besar kalau tidak salah).

Kursi pelaminan Aceh

Kursi pelaminan Aceh

Di Sabang Fair juga saya mencoba makan Sate Gurita, yang terbuat dari cumi-cumi panggang diberi bumbu sate. Menurut saya, cumi-cumi adalah bahan makanan yang cukup tricky, karena jika terlalu lama dimasak akan alot. Nah, sate gurita ini termasuk dalam kategori alot, hahaha.

Sate Gurita

Sate Gurita

Habis makan saya berkeliling melihat-lihat, termasuk melihat suasanya lomba Tari Saman anak-anak yang sedang berlangsung di panggung. Anak-anak laki ini begitu semangat menari dengan lincah, diiringi nyanyian dari pembimbing mereka.

Tari Saman anak-anak

Tari Saman anak-anak

Malam itu sebelum pulang, saya mampir di kedai mie aceh untuk membeli martabak buat sarapan. Besoknya, Bang Dahlan menjemput saya sekitar jam 6:30, karena kapal berangkat jam 8 pagi. Di Pelabuhan Balohan,  saya membelu Kue Kacang Hijau cap AG sebagai oleh-oleh. Harganya cukup terjangkau, 15rb/dus isi 10 kue. Kue kacang hijau ini berbeda dengan bakpia karena kulitnya lebih gurih, seperti digoreng. Jam 7an saya naik ke dek eksekutif kapal cepat, dan ternyata kapal berangkat lebih cepat dari jadwal yakni jam 7:50.

Dek eksekutif kapal cepat sabang

Dek eksekutif kapal cepat sabang

Dengan berangkatnya kapal, maka berakhirlah petualangan saya di Sabang🙂

 

Catatan pengeluaran saya untuk trip ini:

  • Tiket kapal: Berangkat VIP 95rb, pulang Exe 75rb = 170rb
  • Penginapan: Iboih Inn 350rb, Hotel Perdana 250rb = 600rb
  • Ojek: Hari pertama 70rb, kedua 100rb, ketiga 25rb, tips 25rb = 220rb
  • Makan: 4 x 30-40rb (banyak makan di resto) = 140rb
  • Snorkeling: Hari pertama sewa alat 30rb, hari kedua sewa alat 30rb, boat 60rb (karena min. 2 orang) = 120rb

Total pengeluaran: 1,250jt (tidak termasuk oleh-oleh).

Yang perlu dicatatat:

  • Hotel bisa di-share untuk 2 orang, atau 3 orang dengan extra bed.
  • Kalau menginap di kota Sabang, pilihan makanan sangat variatif dan murah. Bisa dipertimbangkan untuk stay di Sabang atau dekat Sabang (misal Pantai Sumurtiga atau Pantai Kasih) lalu sewa kendaraan untuk keliling2.
  • Untuk kendaraan, kalau pergi 2 orang dan punya SIM, bisa sewa motor dengan tarif 100rb/hari. Kalau pergi bertiga, bisa sewa pengemudi betor dengan tarif kurang lebih sama/tambah sedikit.Kalau 5 orang bisa sewa mobil + supir, sekitar 400rb – 500rb/hari

Sepanjang pengamatan saya, meski mata pencaharian utamanya adalah pariwisata, tapi orang Sabang tidak materialistis/tamak. Aturan tarif sudah ada (silakan googling untuk ancer-ancer tarifnya), kalau dirasa kemahalan bisa ditawar. Jalanan mulus dan sepi, malah banyak sapi dan kambing lewat/tiduran di pinggir jalan, hahaha. Pantainya sangat cantik, alam bawah lautnya mempesona, penduduknya cukup ramah, harga apa-apa masih terjangkau, very recommended untuk liburan🙂

 

Catatan perjalanan Sabang sebelumnya bisa dilihat di:

Sabang (Aceh) bagian 1: Pantai Sumurtiga dan Kilometer 0

Sabang (Aceh) bagian 2: Iboih dan Pulau Rubiah

Sabang (Aceh) bagian 3: berkeliling Pulau Weh

 

Leave a Reply

