Taman Ujung Sukasada

Itinerary: Bali 2014

Liburan kali ini saya bersama 5 orang teman, yang salah satunya belum pernah ke Bali. Saya tentu maunya pergi ke tempat-tempat yang belum pernah saya datangi ya. Tapi sebagai orang yang tidak egois, saya selipkan rute-rute tempat wisata standar demi memuaskan hasrat narsis si Bali newbie *ngakak*. Seperti biasa, di sini saya taruh highlight-nya saja, pembahasan mendalam akan ditulis menyusul kapan-kapan kalau saya ngga malas, hehehe.

 

SABTU

12:35 Pesawat mendarat di Bandara Ngurah Rai. Saya sedari awal sudah mewanti-wanti teman-teman untuk tidak membawa bagasi saat berangkat, supaya ngga buang waktu menunggu bagasi keluar. Sehabis serah-terima kunci, kami bersantai di gerai kopi internasional sebelum bergerak ke hotel.

14:00 Checkin di Grandma’s Hotel, unpacking, bersih-bersih & touch up. Ternyata oh ternyata, ada yang mandi, saudara-saudaraaa. Jadi molor deh jadwalnya.
GrandmasHotels @ Seminyak
Jalan Camplung Tanduk No. 99, Seminyak
Telp.: (0361) 3006789
http://www.grandmashotels.com/id/our-hotels/seminyak

Grandma's Hotel Seminyak

Grandma’s Hotel Seminyak

15:00 Makan siang di Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku cabang Seminyak, cuma 10 menit dari hotel (35rb).
Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku
Jalan Kayu Jati No.12, Seminyak
Telp. (0361) 7427166

15:30 Mampir untuk segarnya gelato di Gusto Gelato (20rb). Gusto sekarang pindah lokasi ke dekat Sunset Road dan tempatnya lebih luas.
Gusto Gelato & Caffè
Jl. Mertanadi 42 (dekat Sunset Road)
http://www.gusto-gelateria.com/english.html

16:45 Sampai di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), salah satu tempat wisata wajib di Bali (50rb). Setiap hari mulai jam 6 sore ada pertunjukan tari kecak di amphitheaternya, yang digabung dengan sendratari ramayana. Kalau mau dapat posisi yang OK, usahakan jam 5:30 sudah duduk manis di amphitheater. Pertunjukan berlangsung sekitar 40 menit dan ditutup dengan foto bersama.
Garuda Wisnu Kencana Cultural Park‎
Jalan Raya Uluwatu – Jimbaran
http://gwk-culturalpark.com/

Tari Kecak Ramayana di GWK

Tari Kecak Ramayana di GWK

19:15 Makan malam di Jimbaran. Berhubung Menega penuh, kami coba New Bayang Cafe, selisih beberapa kios ke arah dalam (112rb). Makanannya sih enak, tapi kami agak ragu sama timbangannya. Habis makan langsung kembali ke hotel untuk istirahat.
New Bayang Cafe
Jl. Four Season Muaya Beach, Jimbaran
(0361) 702774

 

MINGGU

8:00 Sarapan di Warung Krishna, Sanur. Kedai makan ini plangnya kecil dan ketutup pohon, jadi harus jalan pelan-pelan pas nyusurin Jl. Kutat Lestari. Yang terkenal di sini adalah tipat ayam, ketupat dengan asesoris kayak nasi ayam. Sayang ketupatnya belum matang, jadi saya pesan bubur ayam (nasi ayam yang nasinya diganti bubur), 20rb.
Warung Khrisna
Jl. Kutat Lestari No. 4 , Sanur
Telp.: (0361) 281661

Warung Krishna, Sanur

Warung Krishna

9:00 Mumpung udah di Sanur, mampir foto-foto dulu di Pantai Sindhu *insert avatar Bali newbie*

10:30 Sampai di Kertha Gosa (12rb), 1 jam perjalanan dari Sanur. Tempatnya bagus dan uniknya lagi, langit-langit bangunan paviliun dihias dengan lukisan wayang Bali yang menggambarkan cerita Bhima Swarga.
Kertha Gosa
Jl. Puputan, Klungkung
http://en.wikipedia.org/wiki/Kertha_Gosa_Pavilion

Paviliun Kertha Gosa

Kertha Gosa

11:30 Mampir ke Pura Goa Lawah, bayar HTM 10rb dipinjamkan kain dan selendang. Di sini semua pengunjung harus pakai kain, bukan cuma yang berpakaian anonoh, hahaha. Sesuai namanya, lawah artinya kelelawar, di dalam kompleks pura terdapat goa yang dihuni ribuan kelelawar.

12:30 Sampe Goa Lawah ngga afdol klo ngga mampir Lesehan Merta Sari, soalnya deket banget cuma 5 menit dari situ. Saya tau sate lilitnya juara, tapi saya baru tau klo sate ikannya (included dalam paket) lebih istimewa (25rb).
Lesehan Merta Sari
Jl.Pesinggahan, Dawan, Klungkung

14:30 Sekitar 1 jam perjalanan dari Klungkung, sampailah di Tirta Gangga (5rb). Istana air ini cantik banget, dihiasi patung dan bangunan batu, juga kolam ikan dengan air yang jernih. Udaranya sejuk karena letaknya di pegunungan dan dikelilingi hamparan sawah.

Tirta Gangga

Tirtagangga

16:00 Salah satu tujuan wisata utama di Karangasem adalah Taman Ujung Sukasada (10rb), sekitar 15 menit dari Tirtagangga. Kalau sudah sampai sini, perjalanan hampir 3 jam dari Kuta/Seminyak rasanya terbayar deh. Taman yang hijau, kolam, istana, serta di puncaknya, bangunan pilar-pilar yang menghadap langsung ke laut. Truly magnificent!

Taman Ujung Sukasada

Taman Ujung Sukasada (maaf, saya memang suka lemah klo liat tiang nganggur)

17:30 Sampai di White Sand Beach (3rb), virgin beach di Karangasem. Ini juga baguuuus banget. Sebenarnya jaraknya ngga jauh, sekitar 30 menit-an dari Taman Ujung. Tapi sekitar 1-2km terakhir jalannya masih tanah, berbatu, dan sempit diapit pepohonan, jadi cukup sulit diarungi. Sebagian besar wisman yang datang ke sini lebih suka parkir di depan, lalu berjalan kaki ke pantai. Wislok (macam kami) lebih suka maksa berkendara sampai dekat pantai, atau naik motor, hehehe.

Virgin Beach

White Sand Beach, Karangasem

Sebelum matahari benar-benar tenggelam, White Sand Beach sudah kosong jadi kami buru-buru ke mobil. Dan benar sekali, sampai parkiran benar-benar gelap gulita, lebih susah lagi kembali ke jalan aspal.

20:15 Sekitar 1.5 jam berkendara dari Karangasem, kami mampir ke Pasar Senggol Gianyar. Pasar senggol ini semacam pasar malam, banyak penjual makanan dan aneka barang. Kami tentu saja makan nasi ayam betutu khas Gianyar. Ayamnya enak banget, hampir semuanya nambah, hahaha. Dari Gianyar kami langsung pulang ke hotel untuk istirahat.

 

SENIN

9:15 Jalan dari hotel, mampir ke Ground Zero dan Pantai Kuta buat foto-foto, lalu lanjut ke Joger.

10:00 Sarapan enak di Nasi Pedas Bu Andika, deretan depan Joger. Biarpun banyak yg bilang rasanya biasa aja menang sambel doang, tapi saya cocok kok makan di sini. Apalagi setelah 2 hari full dihajar makanan khas Bali, nasi rames ala Jawa gini rasanya nikmat banget. Harga terjangkau tergantung berapa banyak lauknya, rata-rata habis 20rban.
Nasi Pedas Ibu Andika
Jl. Raya Kuta Gg. Kubu No. 120 C (Depan Supernova)

Nasi Pedes Bu Andika

Nasi Pedas Ibu Andika

10:30 Saya minta mampir ke Bali Bakery untuk beli kue-kue buat dimakan di pantai. Pilihan kuenya banyak dan enak-enak, kisaran harga 8 – 25rb.
Bali Bakery
Jl. Raya Kuta No. 65 Banjar Abianbase
Telp. (0361) 755149
http://www.balibakery.com/

12:00 Sampai di Pantai Pendawa via jalan tol Bali Mandara *horeee*. Suka banget sama pantai berpasir putih dan berlaut hijau kebiruan gini. Harga sewasa sepasang daybed murah saja, cuma 50rb sepuasnya. Saran saya, ambil posisi cluster yang agak jauh dari parkiran. Karena wislok (termasuk kami, hahaha) malas jalan jauh, jadi area dekat parkir biasanya paling rame.

Apple Pie Bali Bakery di Pantai Pendawa

Apple Pie Bali Bakery di Pantai Pendawa

14:30 Jam 2an semua kelaparan, jadi kami bergerak ke Warung Mami di Jimbaran. Nyarinya susah-susah gampang, pokoknya kalau kita dari bunderan Jimbaran-Uluwatu, masuk ke Jl. Uluwatu 2 (arah Jenggala Keramik), dia kiri jalan sekitar 50m dari bundaran, 2 kios dari Bliss Massage. Kalau sudah lihat Jenggala berarti kelewatan jauh. Untuk berenam kami pesan 2 porsi ikan, 2 porsi udang, dan 2 porsi kerang, total 300rb (50rb/orang).
Warung Mami
Jl. Uluwatu II/30X Jimbaran
Pak Putu Kuaci: 08123620051 (dia ngga buka kalau ngga dapat ikan bagus, jadi mendingan telp dulu)

Warung Mami

Warung Mami

17:00 Ke Pantai Suluban/Blue Point (5rb) untuk menikmati sunset. Pantainya di bawah tebing, jadi harus turun tangga jauh ke bawah. Posisinya diapit 2 tebing jadi bibir pantainya sempit. Tapi kalau sudah puas foto-foto di bawah, bisa kembali naik lalu menikmati sunset di salah satu cliff-side cafe di atas.

Blue Point Beach

Pantai Suluban

20:00 Pulang dari Pantai Suluban, Mampir ke Toko Krisna buat beli oleh-oleh
Toko Krisna
Jl. Sunset Road No. 88, Abian Base
Telp.: (0361) 750031

21:00 Dinner di Eatwell, resto spesialis steak. Harga cukup terjangkau, wagyu steak di bawah 100rb. Saya memilih lamb chop (125rb) dan cukup enak. Overall semua puas makan di sini, dan pulang ke hotel dengan perut (dan hati) senang.
EatWell Bali
Jl. Raya Basangkasa, No. 36, Seminyak
Telp.: (0361) 737745

 

SENIN

9:00 Saya menolak ajakan jalan-jalan ke pantai dan memilih sarapan di La Lucciola. Jalan ke resto ini cukup unik karena mobil diparkir di lapangan sebelahnya yang ada pos polisi, lalu melewati gerbang kecil ke resto ini. Pemandangannya luar biasa, servisnya luar biasa, makanannya juga luar bisa (80rb).
La Lucciola
Jl. Kayu Aya, Pantai Petitenget
Telp.: (0361) 730838

View from La Lucciola

View from La Lucciola

10:30 Another round of Gusto Gelato *ngakak*. Abis enak sihhhh. Lanjut ke Toko Krisna soalnya teman saya harus beli beberapa barang (lagi) buat oleh-oleh.

12:00 Check out time dari Grandmas, berdus-dus pie susu sudah diantar, mobil rental sudah dikembalikan. Pie susu Asli Enaaak ini hari minggu tutup, bisa delivery dengan biaya 25rb, disarankan pesan 2 hari sebelumnya.
Pie Susu Asli Enaaak
Telp.: (0361)263138, 436972, 481126, 081237081991

Habis itu kami menghabiskan waktu di Beachwalk Kuta (yang kalau siang panasnya naujubile) sampai waktunya ke Bandara untuk naik pesawat ke Jakarta

Beachwalk

Beachwalk

 

Jadi, pengeluaran liburan kali ini (tidak termasuk oleh-oleh):

  • Tiket pesawat CGK – DPS pp menggunakan AirAsia: Rp 720,000
  • GranmasHotels @ Seminyak Rp 264,ooo/nett room only (promo Standard Chartered), 3 malam sekamar berdua: Rp 396,000
  • Sewa mobil BGW Car Rental, new avanza Rp 200,000 x 3 hari, bensin total Rp 270,000. Dibagi 6 orang: Rp 155,000
  • Tiket masuk tempat wisata dan makan enak 4D3N: Rp 740,000

Totalnya: 2jt sajaaaa *joget pisang*

 

2 thoughts on “Itinerary: Bali 2014

  1. bcmunthe says:

    hai mbak,, salam kenal..
    saya mau nanya review BGW car rentalnya dong..
    rencana ke bali akhir april dan nyari rental mobil yang bisa lepas kunci dan additional driver kalau diperlukan.
    kemarin lihat di female daily kayanya setelah 2014 agak jelek maintenance mobilnya,.
    kalau mbak apakah mobilnya OK?
    terima kasih

    Like

    • Dinda says:

      Halo Mbak,

      Pengalamanku sih ok-ok aja ya. Kebetulan akhir 2014 pakai BGW lagi, 1 hari plus driver, 2 hari lepas kunci dan ngga ada masalah. Waktu serah terima jangan lupa dicek dulu di depan stafnya kalau ada penyok atau kerusakan, biar sama-sama enak.

      Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s