Soto Padang Garuda

Minang Food (bagian 2)

Itiak Lado Mudo

Itiak Lado Mudo

Udah di Bukittinggi, ngga afdol rasanya klo ngga makan Itiak Lado Mudo (Itik/Bebek Cabe Ijo). Tujuan pertama sih ke RM Ngarai yang femes itu, tapi waktu kami dateng jam 4an, restonya udah tutup. Mampir sebentar liat mobil2 off road di sungai, kami menembus Ngarai Sianok atas petunjuk salah seorang tukang parkir di situ. Ternyata kami nemu resto lesehan di yang juga menyediakan Itiak Lado Mudo, dengan suasana dan pemandangan yang cantik . Itiak Lado Mudo-nya juga ngga malu-maluin, kenikmatan sensasi pedas-empuk-gurih yang bisa ditebus dengan uang 25rb. Mohon maaf saya lupa nama restonya Atas informasi Buncis, ternyata nama restonya Lansano Jaya, pokoknya turun ke Ngarai Sianok trus ikutin jalan (aspal) kecil menembus ngarai, posisi resto di kanan jalan, model saung-saung lesehan gitu dan cukup rame.

Soto Padang Garuda

Soto Padang Garuda

Ini juga harta karun yang ngga sengaja saya temukan. Dari Lembah Harau menuju Padang, kami lewat kota Payakumbuh ketika secara ngga sengaja saya melihat tulisan Soto Garuda cabang Padang di sisi kanan jalan. Soto Garuda ini termasuk yang pengen saya coba, tapi kayaknya ngga memungkinkan karena waktu singgah di Padang yang terbatas. Makanya saya seneng banget waktu nemu cabangnya di Payakumbuh. Berbeda dengan sate, nasi goreng, dan aneka lauk masakan Padang yang berbumbu “berat”, Soto Padang cenderung light meski tetap berbumbu unik (baca: bumbunya beda sama Soto Jawa). Daging dan jeroan yang berenang-renang di kuah soto juga empuk dan berbumbu, sungguh menyenangkan.

Sate Danguang Danguang

Sate Danguang Danguang

Masuk kota Padang, saya minta Uda Derry untuk menuju Simpang Kinol yang konon katanya banyak tukang makanan. Menu malam itu adalah Sate Danguang Danguang yang kami semua sepakat bahwa rasanya lebih enak daripada Sate Mak Syukur. Komposisi bumbu asin-pedasnya lebih pas.

Ganti Nan Lamo

Es Durian Ganti Nan Lamo

Kabar baik, ternyata di samping Sate Danguang Simpang Kinol ada cabang Es Durian Ganti Nan Lamo. Saya sudah membuat review yang lebih lengkap di sini, yang intinya sih Es Durian Ganti Nan Lamo ini wajib dicoba kalau lagi main ke Padang. Harga seporsi Es Durian sekitar 16rb.

RM Pagi Sore

Ayam Goreng Pagi Sore

RM Pagi Sore adalah salah satu rumah makan di Padang yang banyak direkomendasikan orang-orang. Menu andalannya apa? Ayam goreng, sodara-sodara. Tentu saya dan teman-teman tergelitik, resto Padang kok yang ngetop malah ayam gorengnya? Ternyata memang istimewa, ayam kampung muda digoreng dengan paduan rasa gurih-renyah yang balance. Die die must try.

Es Durian Iko Gantinyo

Es Durian Iko Gantinyo

Petualangan berikutnya membawa ke Es Durian Iko Gantinyo, yang interiornya terlihat seperti resto cepat saji. Selain es durian dan aneka es lain, ada juga makanan ringan dan berat seperti gado-gado, pempek, somay, dan sebagainya. Harga tidak mahal, tapi rasanya juga tidak berkesan. Es duriannya sendiri buat kami masih 1/2 level di bawah Ganti Nan Lamo.

RM Hayuda

Martabak & Roti Canai Hayuda

Di RM Hayuda (Kubang) ini katanya asal muasal terciptanya, wait for it, Martabak Kubang. Martabak Kubang sendiri sama dengan yang biasa disebut Martabak Mesir (isi telur + daging). Disebut Martabak Kubang karena Bpk Hayuda si pencetus ide berasal dari Kubang. Martabaknya enak (tentunya), roti canenya juga menurut saya lebih enak daripada beberapa roti prata yang saya coba di negara tetangga. Sayang porsinya terlalu besar untuk disantap 1-2 orang.

Itiak Lado Mudo RM Ngarai (bukan yg saya datengin)
Jl. Ngarai Binuang 41, Bukittinggi

RM Lansano Jaya
Jl. Raya Lambah, Ngarai Sianok

Soto Garuda
Jl. Jend. Sudirman No.53, Payakumbuh

Sate Danguang Danguang
Simpang Kinol, Padang

Es Durian Ganti Nan Lamo
Jl. HOS Cokroaminoto No.31B, Padang
Jl. Pulau Karam No.103B, Padang

RM Pagi Sore
Jl Pondok 143 (Simpang Kinol), Padang
Telp.: (0751) 32490

Es Durian Iko Gantinyo
Jl. Pulau Karam No.9, Padang

RM Hayuda (Kubang)
Jl. Prof Yamin 138B, Padang

One thought on “Minang Food (bagian 2)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s