Uni Lis

Minang Food (bagian 1)

Sate Mak Syukur

Sate Mak Syukur

Dalam perjalanan dari Padang ke Bukittinggi, kita akan melewati Sate Mak Syukur. Salah satu cara terbaik “berkenalan” dengan masakan Minang adalah sepiring Sate Padang ditemani segelas Teh Talua. Sate Padangnya empuk dan kaya bumbu. Sementara teh talua yang terbuat dari teh, susu, dan telur terasa menyatu, tidak amis maupun eneg. Kerusakan per orang sekitar 20rb-an.

Bika Si Mariana

Bika Si Mariana

Berikutnya adalah Bika Si Mariana, yang dijual di warung dekat jalan masuk ke Desa Tenun Pandai Sikek. Bika yang berbentuk seperi serabi ini dibuat langsung di tempat, menggunakan kayu bakar dan periuk tanah liat. Jadi, periuk bawah ditaruh di atas bara, diberi adonan bika, kemudian ditumpuk dengan periuk lain berisi kayu bakar yang sudah dinyalakan apinya. Hasilnya adalah bika fresh from the oven dengan rasa kelapa yang gurih serta aroma smokey memikat. Harga bika sekitar 3rb perbuah. 

Pical Sikay

Pical Sikai

Kami sampai di Bukittinggi menjelang jam 6 sore, dan tempat pertama yang didatangi adalah Pical Sikai dekat Taman Panorama. Waktu saya tawarkan makan pecel, teman-teman agak ragu, masa jauh-jauh ke Bukittinggi makannya pecel? Tapi ketika mencoba, semua prasangka langsung luntur seketika. Sayuran pecelnya terdiri dari daun singkong, irisan kol, rebung dan jantung pisang, kemudian ditaburi keripik singkong serta kerupuk merah sebelum disiram bumbu kacang. Sensasinya luar biasa, sayuran yang lembut, rebung dan jantung pisang yang kenyal, serta keripik singkong yang garing membuat tekstur pical sikai ini kompleks. Semua setuju, Pical Sikai adalah salah satu makanan unik yang wajib dicoba. Sepiring pical sikai dihargai 8rb.

Family Benteng

Family Benteng

Malamnya kami makan di Restoran Family Benteng karena saya pernah membaca bahwa di sini tempat terciptanya menu Ayam Pop. Dan benar saja, ayam popnya sungguh istimewa. Ayam gurih berminyak dengan saus merah yang pedasnya ngga malu-malu, ngga kayak ayam pop di Jakarta. Ada macam-macam menu masakan Padang lainnya, tapi buat saya tetap ayam pop-nya yang jagoan. Makan super kenyang dengan aneka lauk dan minuman di sini habis sekitar 50rb per orang.

Tomat Top

Tomat Top

Di Family Benteng ini juga saya berkenalan dengan Tomat Top, semacam minuman penuh khasiat. Bayangin aja, telur setengah matang dicampur tomat rebus dan susu, menyehatkan banget kan? Waktu saya cobain, bawaannya gemes pengen nambahin garam & merica, hahahaha. Beneran deh, buat saya rasanya mirip mie rebus tanpa mie, gurih-gurih gitu.

Nasi Kapau Uni Lis

Nasi Kapau Uni Lis

Review lebih lengkap ada di sini ya. Di Nasi Kapau Uni Lis, seporsi nasi kapau dihargai 20rb, terdiri dari nasi, sayur gulai kol & kacang panjang, remahan dendeng/rendang, sambal, serta 1 lauk (waktu itu saya pesannya gulai tambusu). Kalau gulai tambusu di Jakarta kan harus dimakan sama kuah, karena isian telur + tahunya kurang berbumbu. Sementara gulai tambusu di Uni Lis ini full isi telur dengan bumbu melimpah dan meresap, dimakan kering aja enak banget deh. Tapi karena rasanya terlalu “rich”, agak kurang cocok digado, harus dimakan sama nasi.

Ampiang Dadiah

Ampiang Dadiah

Ampiang adalah beras ketan yang ditumbuk, sementara dadiah adalah sejenis yogurt hasil fermentasi susu kerbau. Dalam semangkuk Ampiang Dadiah, ampiang dicampur es serut, diberi dadiah lalu disiram kinca gula merah. Rasanya? Gurih, asam, manis, dalam tingkat yang ekstrim. Beneran acquired taste deh, soalnya di kios yang kami datangi (kebetulan jual nasi goreng, mie goreng, soto padang, dsb juga), dari sekian meja yang terisi, yang pesan ampiang dadiah cuma kami, hehehe. Saya sih kurang suka karena dadiahnya terlalu asam dan kincanya terlalu manis, sementara teman lain ada yang suka dadiahnya tapi ngga suka kincanya, ada juga yang suka lainnya, tapi dadiahnya ngga kemakan. Ya ngga apa-apa lah, yang penting udah nyobain🙂

Sate Mak Syukur
Jalan Sutan Syahrir, Padangpanjang
GPS: -0.46595, 100.38180

Bika Si Mariana
Jl. Raya Padang – Bukittinggi
Samping Polsek Koto Baru, Padang Panjang)
Telp 0752 498164 – 498417

Pical Sikai
Jl. Panorama 19c, Bukittinggi
GPS: -0.30734, 100.36450

RM Family Benteng
Jl. Benteng Indah, Bukittinggi

Nasi Kapau Uni Lis
Pasar Wisata Lantai Dasar No. 29, Bukittinggi
Los Lambung, Pasar Ateh, Bukittinggi

2 thoughts on “Minang Food (bagian 1)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s