Lembah Harau

Kami berangkat dari Bukittinggi jam 5 sore, dan masuk kawasan Lembah Harau sekitar jam 7 malam. Karena pernah ke sini, saya pede aja jalan terus sambil cari-cari plang Abdi Homestay, tempat kami akan menginap. Habis melewati Echo Homestay, jalanan makin sepi dan sinyal hp pun menghilang. Akhirnya kami balik arah, dan begitu ketemu sinyal lagi, langsung telp Uda Ikbal, pemilik Abdi Homestay. Ngga lama staf Abdi datang menjemput, dan ternyata Abdi memang ngga pasang papan nama, hehehe. Di Abdi Homestay ini ngga ada listrik, jadi sesudah bebersih badan, kami menghabiskan malam dengan memandang bintang di langit yang luar biasa cantik, bakar jagung di api unggun, sambil ngobrol sampai ngantuk.

Besoknya seperti biasa, pagi-pagi sudah melek semua, hehehe. Sekitar jam 7 kami iseng berjalan-jalan di area belakang homestay. Lembah, air terjun kecil, sungai, dan pematang sawah memanjakan mata kami. Sekembalinya ke homestay pun, sarapan sudah siap dihidangkan, pas banget perut mulai lapar, hehehe. Sebenarnya saya sudah merencanakan melihat kawasan wisata dengan diantar mobil, tapi tawaran Uda Ricky untuk trekking santai (katanyaaa) sepertinya sayang untuk dilewatkan. Jadilah kami berlima memulai petualangan kami.

Lembah Harau

Lembah Harau

Yang pertama kami lewati adalah sawah-sawah, perkampungan penduduk, serta jalan desa yang semuanya mulus beraspal. Setelah kira-kira 1 jam, sawah dan rumah menghilang, berganti dengan semak-semak tinggi dan jalan setapak tanah berbatu kecil. Uda Ricky membuat topi-topi dari daun suplir untuk melindungi kepala kami dari panasnya matahari. 30 menit kemudian, pepohonan makin lebat, ceceran sampah makin berkurang, dan kami masuk area hutan yang jarang dilewati.

Lembah Harau

Lembah Harau

Hutannya sejuk dan asri, dengan sungai-sungai kecil berair jernih, transparan sampai ke dasarnya. Untungnya di sana sudah beberapa hari tidak turun hujan, jadi jalur trekking kami hanya lembab dan sedikit becek, tidak sampai licin atau tergenang. Setelah 30 menit berjalan di tanah dan air, rintangan terakhir adalah melewati batu-batu raksasa.

Lembah Harau

Lembah Harau

Kurang lebih 2 jam berjalan kaki dari homestay, sampailah kami di air terjun rahasia di dalam hutan. Jadi, sebenarnya klo kita lewat pintu masuk kawasan wisata, ada 3 air terjun yang bisa dinikmati pengunjung. Tapi air terjun-air terjun umum itu tentunya penuh orang dan banyak sampah berserakan, seperti layaknya tempat wisata lain di Indonesia, hahaha. Sementara air terjun keempat ini letaknya tersembunyi, dan keindahannya bikin trekking 2 jam terasa sepadan.

Air Terjun Lembah Harau

Air Terjun

Kami kalap, hehehe. Ada yang buka baju dan berenang, ada yang berendam, ada yang bengong-bengong di pinggir sambil memandang air, ada yang foto-foto, dsb. Rasanya ngga mau pulang, ingin berlama-lama di situ. Tapi apa daya, naga-naga perut sudah memanggil, jadi sekitar jam 11:30 kami bergerak meninggalkan pemandangan yang luar biasa itu. Untuk jalur pulang, Uda Ricky sengaja mengajak kami melewati kawasan wisata dari pintu belakang. Ngga lama, cuma 30 menit kemudian kami sudah sampai di pintu depan, dan Uda Derry sudah duduk manis menjemput kami sambil menyeruput kopi. Hahaha, jadi kesimpulannya klo mau ke air terjun rahasia dengan cara gampang, naik mobil aja sampai pintu masuk kawasan wisata, habis itu baru mulai trekking😀

Pakis Monyet

Pakis Monyet

Ini foto tanaman pakis monyet, lucu ya bentuknya? Tapi klo mau beli harus hati-hati, soalnya kadang itu ngga ada akarnya, jadi bisa dipastikan dalam hitungan hari/minggu akan menjadi almarhum.

Photo set Lembah Harau
http://www.flickr.com/photos/41912023@N07/sets/72157633970184602/

Photo set Lembah Harau (kunjungan pertama saya, thn 2008)
http://www.flickr.com/photos/41912023@N07/sets/72157633965926346/

 

One thought on “Lembah Harau

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s