Semarang Food

Semarang punya kekayaan kuliner yang ciamik. Ini sebagian yang pernah saya coba pas ke Semarang. Seperti biasa ceu, alamat monggo di-google🙂

Bakmi Jawa Pak Gareng

Bakmi Jawa Pak Gareng

Makanan pertama yang saya icipi di tanah semarang adalah Bakmi Jawa Pak Gareng. Berhubung almarhum kakek dulu punya kios bakmi di dekat Pasar Magetan, mie jawa selalu punya tempat spesial di sini *tunjuk ke hati*. Nasi goreng dan mie di sini enak, meski agak kemanisan buat selera saya. Sate ayam bakarnya unik, harus dicoba kalau sempat mampir ke sana.

Tahu Gimbal

Tahu Gimbal

Ini juga makanan yang bikin saya penasaran, Tahu Gimbal. Ternyata gimbal ini maksudnya sejenis bakwan udang, jadi tahu gimbal isinya adalah potongan lontong, kol, toge, telur, tahu dan gimbal yang disiram bumbu kacang campur petis udang. Yang saya coba waktu itu di Taman KB, dekat Simpang Lima. Enak, tapi saya yakin ini bukan yang terbaik.

Toko OEN

Toko OEN

Awalnya ke Toko OEN cuma mau liat suasananya, eh ternyata saya malah jatuh cinta sama Bistik Lidahnya, hehehehe. Buat saya Toko OEN ini suasananya enak, makanannya juga enak, termasuk eskrimnya. Soal harga ya standar resto/kafe deh, review lebih lengkap ada di sini

Loenpia Gang Lombok

Loenpia Gang Lombok

Menurut Wikipedia, ada 3 legenda loenpia Semarang yang semuanya berasal dari 1 keturunan keluarga pencipta loenpia, dan Loenpia Gang Lombok ini salah satunya. Lokasinya dekat Klenteng Tay Kak Sie, jadi sekali jalan bisa dapat 2 tujuan, hehehe. Loenpianya gede-gede dengan isian yang buanyak. Kalau dipikir-pikir mahal juga 1 besek isi 10 udah 100rb aja, tapi emang enak kok.

Loenpia Mbak Lien

Loenpia Mbak Lien

Loenpia Mbak Lien juga salah satu dari tiga legenda loenpia Semarang, bersama Loenpia Mataram (belum pernah coba). Rasanya mirip sama Gang Lombok, tapi seinget saya sih enakan Gang Lombok. Dia ada beberapa cabang di Semarang, yang saya beli waktu itu di Jl. Pandanaran.

Bandeng Presto

Bandeng Presto

Selain loenpia, Bandeng Presto adalah bagian dari identitas warga Semarang. Dipelopori oleh toko Bandeng Presto yang berdiri tahun 1977, sekarang yang juga terkenal adalah toko Erlina dan Juwana. Saya ngga terlalu suka sih, hehehe, tapi berhubung Bapak suka jadi ya selalu beli. Selain ikan bandeng, di toko-toko tersebut juga biasanya tersedia Wingko Babat.

Pia Keju Dyriana

Pia Keju Dyriana

Masih di Jl. Pandanaran, ada Dyriana Bakery yang bikin Pia Keju enak. Pianya gede-gede, waktu itu sih harganya 25rb isi 3, sebanding sama gedenya. Rasanya? Keju bangettt. Kalau suka bakpia Kurnia Sari yang keju, ini semacam versi “Bangkok”-nya. Lebih gede, lebih padat, lebih keju.

Nasi Goreng Babat Pak Taman

Nasi Goreng Babat Pak Taman

Aduh ini uh-oh banget enaknya. Liat fotonya aja bikin saya bayangin dan ngiler seember. Nasi Goreng Babat adalah nasi goreng pake babat (menurut nganaaa?), tapi bumbunya ngga kayak nasi goreng biasa deh. Meski kecapnya banyak, hasil akhirnya adalah nasi goreng yang pedes. Di foto ini selain nasi goreng, jeroan-jeroan di atasnya adalah sesendok Babat Gongso yang juga kita pesan waktu itu.

Sate Pak Kempleng

Sate Pak Kempleng

OK, yang ini agak curang soalnya saya makannya di Jakarta pas acara festival makanan. Tapi boleh lah ya disebut secara ini kan aslinya dari Ungaran. Sate Pak Kempleng ini sate sapi dibumbui manis, dengan daging yang empuk lumer di setiap gigitan. Comparable sama Sate Legi kesayangan saya di Pasar Malioboro, definitely die die must try.

Ayam Goreng Lombok Idjo

Ayam Goreng Lombok Idjo

Ayam Goreng Lombok Idjo ini katanya (waktu itu) lagi ngehits di Semarang. Pas banget lokasinya di food court gitu, jadi banyak pilihan makanan lainnya. Food courtnya kayaknya baru, di Jl. Gajah Mada, seberang Hotel Ibis Simpang Lima soalnya pas nginep di Ibis tahun 2011 belum ada. Rasa ayamnya sih biasa aja, cuma harganya emang murah ya jadi worth to try.

One thought on “Semarang Food

Leave a Reply

