Klenteng Sam Po Kong

Wisata Semarang

Selain gedung tua Lawang Sewu yang terkenal, Semarang punya beberapa obyek wisata lain yang ngga kalah menarik. Ini cuma sebagian kecil saja, buat pecinta fotografi yang suka hunting foto kota tua, Semarang ini semacam surga deh.

Oh iya selama di Semarang, saya dan teman-teman banyak menggunakan taksi untuk pergi kesana-kemari. Tidak sulit menemukan taksi berseliweran di jalan-jalan besar Semarang. Selain itu, reservasi taksi Blue Bird juga mudah sekali, tinggal telp ke call centernya (024) 670 1234, beritahu nomor hp, lokasi asal dan lokasi tujuan. Beberapa menit kemudian,  BB akan meng-sms nomor lambung taksi yang akan menjemput kita. Keren🙂

Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong berjarak kurang lebih 30 menit perjalanan dari Simpang Lima ke arah bandara Ahmad Yani. Untung kami pergi ke sana hari kamis sore, jadi klenteng ngga ramai dan cukup bersih dari sampah. HTM untuk masuk ke area klenteng hanya 3rb, sementara untuk masuk ke gua batu peninggalan Laksamana Cheng Ho harus menambah 20rb.

Gila berjamaah

Gila berjamaah

Di dalam area klenteng, selain Klenteng Besar yg utama, juga ada Klenteng  Tho Tee Kong di sebelahnya. Kedua klenteng ini bangunannya didominasi warna merah, dengan pilar-pilar besar yang cantik, serta atap bersusun seperti pagoda. Jika diperhatikan lebih seksama, di atas atap tersebut ada patung-patung kecil berbentuk hewan-hewan dari zodiak Cina, very cute! Di depan klenteng ada pula patung Cheng Ho raksasa, serta patung-patung laksamana lain, juga patung-patung hewan dengan warna-warna mencolok. Jika berminat, pengunjung juga bisa berfoto menggunakan kostum tradisional Cina dengan biaya sewa 75rb.

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah

Baiknya datang ke Masjid Agung Jawa Tengah sih sore-sore pas cuaca udah ngga begitu panas, sambil menanti sunset. Trus pas udah gelap ikut ngantri naik lift ke atas menara, liat-liat pemandangan kota Semarang. Turun 1 lantai dari puncak menara ada restoran berputar, harga makanan dan minumannya ngga mahal meski rasanya juga biasa aja. Tapi kayaknya dia cuma berputar saat weekend, soalnya kami datang hari kamis ngga ada pergerakan. Oh iya, dari sini klo malam agak susah cari taksi, jadi mending telp Blue Bird minta dijemput.

Klenteng Tay Kak Sie

Klenteng Tay Kak Sie

Menurut cerita, 2 penjual loenpia paling ngetop sejagat Semarang bermarkas di Jl. Mataram dan di Gang Lombok. Kalau mampir ke loenpia Gg. Lombok, wajib ke Klenteng Tay Kak Sie juga, soalnya lokasinya sebelahan. Klentengnya ngga besar, tapi cantik banget. Liat aja patung naga yang menghias atap klenteng, keren banget kan?

Replika kapal Laksamana Cheng Ho

Replika kapal Laksamana Cheng Ho

Klenteng Tay Kak Sie lokasinya di pinggir sungai, dan di sana dibuatlah replika kapal yang dipakai oleh Laksamana Cheng Ho saat mendarat di Semarang.

Gereja Blenduk

Gereja Blenduk

Gereja Blenduk dibuka untuk umum pukul 8 pagi sampai 4 sore, kecuali hari minggu karena digunakan untuk ibadah. Gereja yang dibangun tahun 1753 ini memiliki arsitektur yang unik serta kaca-kaca patri yang cantik. Interior dalam gereja juga bagus dengan hiasan lampu antik serta orgel kuno yang masih berfungsi.

Tugu Muda

Tugu Muda

Tugu Muda didirikan sebagai monumen untuk mengenang jasa pahlawan yang gugur pada peristiwa Pertempuran Lima Hari melawan tentara Jepang di Semarang. OK jujur, saya ngga punya ingatan sama sekali tentang pelajaran sejarah yang membahas ini, so thank God for Wikipedia *nyengir*. Pada masa itu, tentara Jepang menyerang reservoir utama Semarang di daerah Candi, dan tersebar desas-desus bahwa reservoir itu diracuni. Adalah Dokter Kariadi, kepala laboratorium di rumah sakit di Semarang yang bergegas memeriksa kebenaran berita tersebut. Namun di tengah jalan, Kariadi dicegat oleh tentara Jepang dan ditembak. Dr. Kariadi tidak selamat, namun namanya diabadikan sebagai nama RS tempat dia mengabdi dulu, dan kini menjadi salah satu RS terbesar di Semarang.

One thought on “Wisata Semarang

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s