Zoom here

The Amazing Google Maps

Google is my best friend, termasuk dalam urusan merencanakan liburan. Berhubung saya males jalan kaki, tapi ngga mau bayar mahal untuk ongkos taksi, saya selalu berusaha mencari penginapan yang dekat dengan pemberhentian transportasi umum, atau dekat tujuan utama liburan. Mumpung lagi ada yang nanya ke saya soal lokasi salah satu hotel, sekalian saya share cara ceknya ya.

1. Buka https://maps.google.com/ lalu masukkan nama hotel yang dituju, kali ini My Hotel @ Bukit Bintang. Btw, setting Google saya adalah bahasa Inggris, untuk Bahasa Indonesia silakan menyesuaikan.

Google Maps
2. Setelah ENTER, nanti akan muncul lokasi hotel tersebut. Di bawah nama lokasi akan muncul menu: Directions, Search nearby, Save to map, dan more. Bisa klik more – Zoom here untuk memperbesar/menjadi fokus.

Zoom here
3. Teman saya menanyakan, kalau dia menginap di My Hotel @ Bukit Bintang dan ingin wisata kuliner di Jl. Alor setiap malam, jauh kah jalan kakinya? Caranya adalah dengan mengklik Directions (lihat langkah no.2), masukkan “jalan alor” sebagai titik asal (point A).

Directions
4. Setelah klik GET DIRECTIONS, yang muncul adalah seperti ini. Lho kok rutenya jauh dan berputar-putar? 

Rute awal
5. Di atas kolom tempat mengisi Directions, ada gambar
mobil, bis, dan orang. Mobil ini untuk melihat rute menyetir mobil pribadi dan taksi, bis untuk rute angkutan umum, orang untuk rute berjalan kaki. Untuk Indonesia, Singapura dan Thailand, rute angkutan umum sudah ada, sementara Malaysia belum. Di sisi kanan ada simbol panah naik-turun untuk menukar posisi lokasi asal dan lokasi tujuan. Setelah mengubah setting jadi rute jalan kaki, hasilnya seperti ini. Inilah rute berjalan kaki yang benar :-) 

Rute berjalan kaki
6. Contoh kasus lain, misalnya dari My Hotel @ Bukit Bintang mau ke Berjaya Time Square naik taksi, masukkan lokasi asal dan tujuan, pilih gambar 
mobil, lalu klik GET DIRECTIONS. Hasilnya akan seperti ini:

Rute taksi
7. Muternya jauh ya? Kalau saya sih daripada muter jauh, mending turun di depannya lalu menyeberang jalan. Jadi saya klik balon hijau bertanda B, lalu geser ke sisi seberangnya, klik GET DIRECTIONS lagi. Hasilnya jauh lebih dekat, lalu tinggal menyeberang jalan. 

Rute menyeberang
8. Di kanan atas peta ada tombol Satellite yang bisa di-klik untuk memunculkan kondisi aslinya. Bisa dilihat di titik B ada stasiun monorail yang tentunya ada jembatan penyeberangannya.

Satellite view
9. Fitur lain yang bisa dicoba adalah Traffic untuk melihat kondisi lalu lintas di sekitar lokasi. Hitam-merah-kuning-hijau untuk menunjukkan kondisi mulai dari macet total sampai lancar.

Traffic


Tutorial ini masih dasar sekali, tapi bisa jadi bekal untuk pencarian sederhana. Semakin sering digunakan, semakin paham triknya. Jadi cewek ngga harus gaptek kok. Selamat mencoba :-) 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s