Gebyok kayu jati

Hotel Pandanaran (Semarang)

Untuk menginap kali ini, saya beri teman-teman 2 pilihan yang ratenya mirip (300rb – 400rb): Novotel atau Hotel Pandanaran. Waktu saya bilang klo Pandanaran letaknya di pusat jajanan dan oleh-oleh khas Semarang, rombongan gembul langsung tanpa pikir panjang memilih ini, hehehehe.

Hotel Pandanaran bisa dibilang salah satu hotel tua di kota Semarang. Dari luar kelihatan biasa saja, standar hotel bintang 3 di daerah, tapi begitu masuk lobby, keren juga desainnya, modern dan minimalis.

Lobby Hotel

Lobby Hotel

Tapi kayaknya unsur modernnya cuma sampai situ aja, soalnya waktu masuk ke sisi dalam, kami disambut oleh gebyok kayu jati dengan ukiran yang cantik. Kalau lurus terus nanti ketemu lift dan deretan pintu-pintu besar yang ngga kalah tua.

Gebyok kayu jati

Gebyok kayu jati

Kalau saya perhatikan, hotel ini bentuknya memanjang ke belakang. Kayaknya sih bagian belakang itu bangunan baru yang modern. Tapi saya ngga ke sana, jadi ketemunya bagian yang kuno-kuno aja. Kamarnya ngga luas, dan furnitur antik gede-gede bikin keliatan makin sempit. Untung kamar mandinya cukup modern dan bersih. Di dalam kamar juga tersedia pemanas air minum, safe deposit box, pengering rambut, dan setrika.

Kamar Hotel

Kamar Hotel (maaf fotonya blur)

Restorannya cukup besar, meski pilihan sarapannya kurang lengkap. Mayoritas menunya masakan tradisional, seperti bubur ayam, nasi goreng, mie goreng, soto, lumpia, serabi, dan sebagainya. Secara rasa juga cukup enak, bumbunya berani, tidak seperti masakan hotel kebanyakan. Untuk menu bule ada pancake, omelet, aneka roti, dan aneka sereal. Tidak ketinggalan tentunya pojok jamu, dan menurut saya rasanya enak seperti buatan tukang jamu gendong beneran. Sehabis makan, kami sempat melihat-lihat kolam renangnya yang mungil namun artistik.

Kolam renang

Kolam renang

Secara lokasi sih OK banget, banyak tempat makanan di dekat situ. Jalan rayanya juga cukup ramai, kalau ke arah kanan ketemu Simpang Lima, arah kiri ketemu Tugu Muda/Lawang Sewu. Tapi berhubung banyak furnitur antik, saya kurang merekomendasikan hotel ini buat keluarga yang bawa anak kecil.

Hotel Pandanaran
Jl. Pandanaran 58, Semarang
Telp.: (024) 845 2952
http://www.pandanaranhotel.com/

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s