Batu Caves

Batu Caves (Malaysia)

Salah satu yang membuat betah jalan-jalan di Malaysia adalah sistem transportasi massalnya yang cukup baik. Begitupun dengan Batu Caves, mudah dicapai dengan naik bis maupun kereta dari pusat kota. Saya pilih yang kedua, naik KTM Komuter dari stasiun pusat KL Sentral, dan 30 menit kemudian sudah sampai di samping bukit Batu Caves.

KTM Komuter yang bersih

KTM Komuter (ignore the pose )

Keluar dari stasiun langsung lewat shelter masuk ke komplek Batu Caves. Selain gua utama di atas bukit, ada juga gua-gua kecil yang berisi patung-patung serta lukisan & ornamen Hindu. Sayangnya waktu saya ke sana, gua-gua itu sedang ditutup untuk renovasi. Klo kita masuk dari sisi stasiun kereta, yang pertama menyambut adalah patung Hanuman setinggi 15 meter, sekaligus sebagai penanda lokasi gua Ramayana.

Patung Hanuman

Patung Hanuman

Sesudah melewati kuil-kuil kecil, sampailah ke gerbang masuk gua utama yang “dijaga” oleh patung Dewa Murugan setinggi 42.7m dan dilapisi cat emas sebanyak 300 liter.

Batu Caves

Batu Caves

Ada 272 anak tangga yang harus dilewati untuk masuk ke Batu Caves Temple. Sebelum naik ke atas, mending siap pake alas kaki yang nyaman & bawa air mineral. Untungnya setiap beberapa puluh anak tangga, area pijakannya melebar, jadi bisa buat istirahat sebentar. Oh iya, yang  juga patut diwaspadai di sini adalah keberadaan monyet-monyet nakal yang cukup berbahaya, terutama buat yang bawa anak kecil.

Anak tangga di Batu Caves Temple

Anak tangga di Batu Caves Temple

Pas masuk guanya ngga kalah menakjubkan, dengan juntaian stalaktit menutupi langit-langit gua yang tinggi. Di dalamnya, berbagai macam patung Hindu menghiasi sudut-sudut ruangan gua. Di sisi belakang kita bisa naik tangga lagi untuk masuk kuil utama yakni Lord Murugan Temple. Temple ini dijaga banyak monyet, jadi sekali lagi harus hati-hati. Uniknya, gua ini terbuka di bagian tengahnya, tepat di atas Lord Murugan Temple. Cantik dan terasa banget aura mistisnya.

Interior Batu Caves Temple

Interior Batu Caves Temple

Foto-foto kunjungan saya ke Batu Caves ada di sini.

Leave a Reply

