IMG_0762

Persiapan ke Karimunjawa (2012)

Stasiun KA Semarang Tawang

Stasiun KA Semarang

*ambil napas*

Jadi gini… sebenernya saya udah niat mau ngelanjutin nulis cerita tentang trip ke Karimunjawa. Eh ini serius lho, foto-fotonya segala udah diupload. Tapiii, berhubung bulan depan saya ada rencana ke sana lagi, kok kayaknya mubazir ya klo saya nulis sekarang trus nanti-nanti nulis lagi updatenya. Jadi diputuskan bahwa tulisan tentang KJ dipending dulu *huuuuuuuu*

Sebagai gantinya, saya akan cerita tentang persiapan untuk trip bulan depan. Lumayan lah ya buat referensi itungan biaya klo mau ke KJ. Semoga mengobati luka hati para pembaca😀

Diawali dari becandaan garing via twitter di awal mei, saya iseng-iseng cek rate hotel dan tiket ke Semarang. Pembicaraan jadi makin serius di LINE, trus sorenya saya SMS Mas Bayu, orang Cekeran Management (CM) yang dulu ngehandle trip pertama kami. Bayu mengconfirm klo sekarang udah ada kapal Bahari Express yang waktu tempuh Jepara – KJ cuma DUA JAM SAJA. Ini bukan cuma bagaikan angin segar, tapi hembusan AC super dingin buat saya. Berikut ini rate CM untuk trip Jumat sore – Minggu sore pake Bahari Express dengan tujuan 6 pulau (yg 4H3M 8 pulau):
– Paket A: sekamar berdua di guest house, include sunset trip ke Pantai Nirwana, Rp 790.000,-/orang;
– Paket B: sekamar berdua di guest house, exclude sunset trip ke Pantai Nirwana, Rp 690.000,-/orang;
– Paket C: sekamar bertiga di guest house, exclude sunset trip ke Pantai Nirwana, Rp 660.000,-/orang

Karena kami udah 2x ke Pantai Nirwana plus badan2 renta ini tentunya butuh banyak istirahat, diputuskan untuk ambil Paket B aja, sisa waktunya buat molor jaya. Demi kenyamanan bersama juga, kami milih untuk upgrade kamar ke Hotel Escape, dengan menambah Rp 120rb per orang per malam.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, ke Jepara ini lebih nyaman klo lewat Semarang daripada langsung dari Jakarta. Plan kami adalah berangkat hari kamis dari Jakarta ke Semarang, nginep semalam, trus Jumat pagi baru jalan ke Jepara. Selain itu, temen-temen saya penasaran sama Wisata Malam Lawang Sewu yang cuma ada tiap kamis, jumat, dan sabtu malam. Tahun lalu kami udah ke Lawang Sewu sih, tapi siang-siang soalnya hari senin. Saya mah siang begitu aja udah takut, apalagi suruh ke sana malam *nangis kejer*

Setelah banding-banding harga tiket, kami pilih naik kereta Argo Muria aja berangkatnya, seharga 230rb. Tahun lalu masih dapet tiket pesawat Semarang 250rb, tahun ini jangan harap ya bok, secara musim liburan. Lagian pas berangkat kan kami masih seger-seger, gpp lah ya naik kereta aja, toh perjalanan cuma 7 jam dan naiknya eksekutif.

Tahun lalu kami nginepnya di Ibis Semarang, cukup bagus dan lokasinya strategis. Ngga seru dong klo nginep di sana lagi, jadi kami mau cobain Hotel Quest, yang konon (jangan dibalik) lokasinya di daerah Pecinan, which means loads of good food! Cek Agoda dan Rajakamar, ternyata ratenya ngga semurah klo kita booking langsung dari webnya Aston Hotels (manajemennya Quest). Harganya $35 nett termasuk sarapan untuk 2 orang serta penjemputan dari Bandara/Stasiun Kereta. Note: saya klo booking Hotel Ibis, Novotel, & Mercure juga lebih sering langsung dari Accorhotels karena biasanya lebih murah.

Dari Semarang nanti kami bakal ke Jepara naik travel, dulu pake Bejeu tarifnya 30rb untuk perjalanan 2jam-an. Jadwal berangkatnya Bahari Express jam 2pm, tapi jam 1 sebaiknya udah standby di sana karna kapal suka berangkat duluan klo udah penuh.

Pulangnya menurut itinerary sih Bahari Express berangkat dari KJ hari minggu jam 1pm, berarti sampe Jepara jam 3an. Nanti kami naik travel lagi (30rb lagi) ke Semarang, estimasi nyampe Semarang jam 6an lah ya. Awalnya kepikiran untuk langsung naik pesawat ke Jakarta, tapi ternyata pesawat paling malem cuma ada Lion jam 8, yang berarti harus sampe Bandara Ahmad Yani jam 7pm. Duh, saya ngga berani ambil resiko klo mepet gitu (apalagi pake Lion yang terkenal suka delay & ngangusin tiket orang seenak udel), jadi diputuskan untuk nginep 1 malam lagi di Semarang. Lagian tahun lalu kami puas banget pulang dari KJ trus pijet di salah satu spa deket Mal Paragon, tahun ini mau diulang lagi🙂

Untuk nginepnya, pilihan mengerucut jadi 2: Novotel seharga 406rb per malam deket Paragon, atau Hotel Pandanaran seharga $36 per malam yang lokasinya di Jl. Pandanaran alias pusat oleh-oleh Semarang. Yah tentunya manusia-manusia gembul ini tidak berpikir dua kali untuk langsung memilih Hotel Pandanaran, hahahaha. Oh ya, semua tarif termasuk sarapan buat 2 orang ya, bisa dicincang saya klo cari hotel yang ngga dapet sarapan.

Rute pulangnya kami memilih jalur udara, naik AirAsia dengan tiket seharga 338rb. Jadwalnya cukup enak, flight jam 2:45pm jadi habis cekout bisa dengan santai berangkat ke bandara, dulu sih naik taksi argo cuma 20rb.

Jadi gimana itungan biayanya? Yang pasti
– Tour KJ Plan B: 690rb/orang
optional: upgrade kamar 240rb/orang
– Transport Jakarta – Jepara, bis AC eksekutif Nusantara: 150rb + becak 10rb
alternatif: kereta Argo Muria 230rb + travel Bejeu 30rb
– Transport Jepara – Jakarta, bis AC eksekutif Nusantara: 150rb + becak 10rb
alternatif: pesawat AirAsia 338rb + airport tax 30rb + travel Bejeu 30rb

3 thoughts on “Persiapan ke Karimunjawa (2012)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s