KMP Muria

Tips ke Karimunjawa (2011)

KMP Muria

KMP Muria

Ini beberapa tips dari saya buat yang ngerencanain ke Karimunjawa. Oh iya, dulu perginya bulan Oktober 2011, jadi mohon maaf klo ada info yg ngga update.

TENTANG KARIMUNJAWA
Karimunjawa adalah gugusan pulau dengan Pulau Karimunjawa sebagai pulau terbesar dan terbanyak penghuninya. Klo siang hari listrik di sini mati, kecuali hotel besar yang punya genset sendiri. Klo pergi tanpa jasa operator, make sure siang hari ada kegiatan di luar (misalnya island hopping atau snorkling), soalnya klo ngendon di kamar asli panas banget. Waktu saya ke sana, lagi dibangun bank pertama di Karimunjawa beserta ATM-nya, yaitu BRI. Lumayanlah klo tiba-tiba kehabisan duit bisa tarik tunai di situ.

WAKTU
Saat terbaik ke Karimunjawa adalah antara bulan April – Oktober. Akhir tahun curah hujan terlalu tinggi, ada kemungkinan kapal ngga bisa berangkat. Jangan juga pilih waktu pas liburan apalagi long weekend soalnya pasti rame. Klo rame, ada kemungkinan ngga dapet tiket kapal motor. Dikarenakan jadwal kapal motor yang ngga tiap hari berangkat, trip 4D3N di Karimunjawa biasanya mengambil hari Sabtu – Selasa atau Senin – Kamis.

OPERATOR
Klo rombongan cuma sedikit (saya waktu itu pergi berempat) dan ngga mau repot, mending pake jasa operator wisata. Rata-rata nawarin mulai harga 450rb-an untuk 4D3N di Karimunjawa, sudah termasuk makan, tur, dan akomodasi, start dari Jepara. Saran saya, cari operator yg reputasinya bagus, entah itu dari review internet atau teman sendiri. Saya waktu itu pake jasa Cekeran Management
http://www.facebook.com/karimunjawa.backpacker?v=app_4949752878

Meski paket basicnya 650rb, sedikit lebih mahal daripada operator lain, tapi dari awal booking komunikasi berjalan lancar, stafnya sangat helpful, dan saat di lokasipun kru Cekeran bisa menciptakan suasana liburan yang menyenangkan. Waktu ke alun-alun Karimunjawa, ada sekelompok orang yg ngeluh soal makanan mereka yg selama beberapa hari ikan tongkol melulu. Untungnya makanan rombongan Cekeran cukup enak dan variatif (meski akhirnya mati bosen karna kebanyakan ikan bakar, hehehehe).

TRANSPORTASI
Ada 2 jalur kapal penyebrangan menuju Karimunjawa, yaitu lewat Jepara atau Semarang. Untuk jadwal kapal bisa diliat di facebooknya Cekeran (link di atas), klik tab Jadwal Penyeberangan.

1. Jepara
Dari Jakarta bisa naik bis Nusantara, Santika, Bujeu, Haryanto, dan Muji Jaya (tarif 100 – 150rb)
http://www.wisatakarimunjawa.web.id/p/transportasi-ke-jepara.html

Dari tempat bis berhenti bisa naik becak atau ojek (5 – 10rb). Klo berenti di terminal, pelabuhan udah ngga terlalu jauh. Saya waktu itu ngga tau, ternyata diturunin di alun-alun dan lumayan jauh naik becaknya sampe kasian sama bapak yg genjot, hehehehe. Enaknya bilang sama operator bis klo mau ke pelabuhan, nanti dia turunin di deket terminal. Perjalanan Jakarta – Jepara sekitar 11 jam, berhenti makan malam 1x.

Dari pelabuhan Jepara naik kapal motor ke Karimunjawa, biasanya udah include di paketan operator. Klo pergi sendiri, mending dari subuh udah ke sini trus ngantri tiket, soalnya klo kapalnya penuh ya ngga bisa naik. Jangan lupa beli sarapan (ada warung di pelabuhan), bisa dimakan di atas kapal. Jam 6an naik ke kapal dan cari tempat duduk, menjelang jam 7 kapal penuh, sebelum jam 8 kapal berangkat, perjalanan sekitar 6 jam. Usahain pagi-pagi udah standby di deket kapal, trus begitu pagar pembatas dibuka, buru-buru naik ke kapal. Soalnya klo ngga dapet duduk kebayang deh capeknya. Saya berangkat hari jumat jam 5 sore naik ojek dari Kuningan ke terminal bis Rawamangun, naik bis jam 7 malam, trus baru sampe Karimunjawa hari Sabtu jam 1 siang. Pantat yang berisi sampe berubah menjadi tape😀

2. Semarang
Klo bisa milih, saya lebih prefer lewat Semarang. Jakarta – Semarang bisa naik bis, kereta, atau pesawat, trus ke pelabuhan bisa naik taksi. Dari Semarang ke Karimunjawa naik kapal motor cepat yang waktu tempuhnya cuma 3 jam (harga lebih mahal). Klo pake operator, make sure udah diomongin di awal soalnya kapal dari Semarang lebih jarang lagi jadwal berangkatnya. Klo ada bujet lebih, bisa juga naik pesawat punyanya Kura Kura Resort
http://www.kurakuraresort.com/?kkr=rates

AKOMODASI
Tarif basic dari operator biasanya include akomodasi di rumah penduduk. Berhubung kami kecentilan dan takut rumahnya ngga nyaman, kami upgrade untuk nginep di hotel aja. Ternyata dari pengamatan saya, rumah penduduk yg dipake Cekeran ngga jelek-jelek amat, ada kamar mandi di dalam tiap kamar dan ada kipas angin (atau AC ya? lupa, hehehehe). Sempat kepikiran mau nginep di Wisma Apung biar lebih kerasa suasana lautnya, tapi ternyata full booked. Beruntung, karna ternyata Wisma Apung ini bener-bener di tengah laut bok, ngga kebayang klo tengah malem tiba-tiba lapar, atau pengen jalan-jalan ganti suasana. Ngga bisa ke mana-mana, bosen bosen deh tuh. Oh iya, ada beberapa hotel yg punya genset sendiri, jadi listrik nyala non-stop. Saya ngga hapal yg mana aja, yang jelas Nirwana Lodge termasuk di antaranya. Nirwana Lodge ini hotelnya bagus, modelnya kayak cottage-cottage gitu. Lokasi di atas bukit yg menjorok ke pantai, jadi secluded gitu. Tapiii, klo saya pribadi sih lebih prefer nginep di deket pelabuhan atau alun-alun biar agak ada tanda-tanda kehidupan dan gampang klo butuh apa-apa.

PERLENGKAPAN
Matahari di Karimunjawa itu kejam jendral, apalagi semua aktivitas tur dilakukan outdoor. Pas di lokasi sih tenang-tenang aja karena ngga panas terik, tapi ternyata bahaya buat kulit.

1. Tas: bawalah ransel dengan ukuran yg cukup. Saya sempat liat ada yg bawa koper ke Karimunjawa, dan menurut saya itu ANEH. Saya ngga punya ransel tapi saya usaha dengan minjem (hahahaha). I’m a flashpacker, so there’s no point on buying a backpack for traveling (yet). Bawa juga tas anti-air dengan ukuran kecil buat dipake saat tur. Isi tas kecil saya di antaranya sunblock, handuk kecil, snack & minum, obat-obatan, hp & battery box (hohohoho). Sinyal XL & Telkomsel di sana cukup bagus, kecuali klo udah ke pulau-pulau yang jauh dari pulau utama.

2. Sunblock: wajib kudu harus banget, dan sering reapply beberapa jam sekali. Temen saya ada yg kulitnya kebakar sampe kondisi fisiknya drop beberapa hari. Lainnya (termasuk saya) mengalami pengelupasan kulit, padahal udah rajin ngoles sunblock.

3. Pakaian: baiknya bawa baju lengan panjang yang gampang kering buat dipake sepanjang tur. Saya pikir asal sering oles sunblock, baju lengan pendek aja cukup. Ternyata salah, sodara-sodara, seperti yang saya bilang di awal, matahari di Karimunjawa itu kejam jendral.

4. Baju & perlengkapan renang: baju renang cukup bawa 1 untuk dipake 2 hari tur. Hari pertama pulang menjelang malam, baju bisa dicuci trus dijemur, besok paginya dipake lagi. There’s no point on bringing 2 sets of swimsuit *ngaca*. Goggles & fin udah disediain sama operator.

5. Anti nyamuk: klo kulitnya sensitif sama serangga, wajib bawa.

6. Snack: abis snorkling dijamin laper, dan biaya operator cuma include makan berat, ngga ada snack. Inilah untungnya nginep deket keramaian, bisa nyetok snack buat dibawa tur.

7. Obat-obatan: tubuh yg tak muda lagi ini merasa nyaman sekali klo abis snorkling dioles-oles minyak kayu putih atau minum tolak angin cair😀

8. Uang cash: untuk yg pake jasa operator, uang cash hanya dibutuhkan buat 1x makan hari pertama dan klo mau jajan pas trip ke Tanjung Gelam (hari ke-3). Plus klo mau beli snack & oleh-oleh, apalagi klo pengen supper setelah dinner *duwenggg*

9. Alas kaki: yes, ada yg bawa heels ke KJ. Please don’t do that, saltum boleh tapi mbokya jangan kebangetan. Paling enak pake sendal model jepit karena itinerarynya cuma pantai dan laut. Simpan sepatu dan sendal cantik di rumah saja.

Saya ulang beberapa link yg mungkin bermanfaat:
http://www.facebook.com/karimunjawa.backpacker?v=app_4949752878 — FB Cekeran Management, termasuk jadwal kapal penyeberangan
http://www.wisatakarimunjawa.web.id/p/transportasi-ke-jepara.html — pilihan bis ke Jepara dari beberapa kota di Jawa
http://www.kurakuraresort.com/?kkr=rates — pesawat Kura Kura Resort

One thought on “Tips ke Karimunjawa (2011)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s