Rujak Es Krim

Makan di Yogya (1)

Note: alamat lengkap silakan googling yaaa. Rating versi saya bisa diliat di jumlah bintang😀

Sate Legi ****
Klo saya cuma punya waktu 2 jam di Yogya, mungkin yg pertama kali saya lakuin adalah meluncur ke Jl. Malioboro. Di pintu samping Pasar Beringharjo (arah Benteng Vredeburg), ada mbah sepuh yg duduk di dingklik, jualan sate daging dan gajih sapi dengan bumbu manis. Rasanya? Surgawi, hahahaha. Kenyal, manis, juicy, dan ngangenin. Harga per tusuk sekitar 2rb, baik sate daging maupun gajih sama-sama enak, tapi saya biasanya lebih banyak beli sate gajihnya *lirik perut*

Sate Legi samping Pasar Beringharjo

Sate Legi samping Pasar Beringharjo

Sate Kambing Tambaksegaran ****
Sebenernya ini khasnya Solo, tapi klo ngga sempat ke Solo ya pabolebuat. Lokasinya ada di Jl. Brigjen Katamso & Kaliurang, saya kebetulan ke outlet Kaliurang. Jadi klo kita sampe Kaliuran KM9, belok kiri aja ke alah Perum Merapi View, dia di kanan jalan. Sate buntelnya luar binasa, sate koyor & sop sumsumnya juga enak. Menurut cerita sih rasanya sama ama pusatnya di Solo sana.

Sate buntel, Sate koyor, Sop sumsum Tambaksegaran

Sate buntel, Sate koyor, Sop sumsum Tambaksegaran

Sate Klathak ****
Ini juga dibela-belain perjalanan jauh (lebay) ke Pasar Jejeran, Imogiri. Jadi klo malem, lokasi pasar ini dipake pedagang sate klathak, sate kambing yg dibumbui, ditusuk pake jeruji sepeda, trus dibakar dan disajikan tanpa bumbu kacang/kecap. Rasanya empuk dan bumbunya unik, ngeresep sampe dalam. Oh iya, 1 tusuknya sekitar 6rb, dan 1 porsi cuma dapet 2 tusuk, klo buat saya mah kurang, hahaha. Berhubung masaknya lamaaa, ada baiknya dari awal udah pesen mau berapa tusuk, bukan porsi.

Sate Klathak di Pasar Jejeran, Imogiri

Sate Klathak di Pasar Jejeran, Imogiri

Gudeg Yu Djum ****
Ini gudeg favorit saya. Manis, pedes, dengan bumbu yang ngeresep di lauk ayam dan telornya. Ada beberapa cabang, tapi yang paling gampang dicapai ya di Jl. Wijilan, ngumpul sama penjual-penjual gudeg lainnya. Saya sebenernya pengen nyobain gudeg merk lain tapi kok ya takut kurang sedap, hehehe.

Gudeg Batas Kota ***
Gudeg favorit saya selain Yu Djum, terutama karena tarikannya yg cenderung ngga manis. Buka malem karna dia ngambil tempat emperan toko, deket Saphir Square. Cocok buat dinner sebelum lanjut ke Hugo’s *halah*

Gudeg Batas Kota

Gudeg Batas Kota

Gudeg Bu Ahmad ***
Enak, seperti rasa gudeg kebanyakan (menurut lo?). Tapi buat lidah saya entah kenapa rasanya kayak terlalu manis.

Bakmi Mbah Mo ****
Ini bakmi legendaris, letaknya di Bantul, sekitar 30 menit-an dari kota Yogya. Nyari lokasinya mungkin rada susah klo belom pernah ke sini dan ngga bawa GPS. Saya ke sini weekday aja ngantri, dan cukup lama karena masaknya satu-satu. Hasilnya memang enak, tapi buat saya sih ngga sebanding sama perjalanannya.

Bakmi Mbah Mo Bantul

Bakmi Mbah Mo Bantul

Bakmi Pele ***
Bakmi Jawa yang dimasak satu-persatu pake anglo, jadi mohon maklum klo nunggunya lamaaaaaaa. Tapi berhubung tempatnya lesehan dan di pinggir alun-alun, waktu penantian tak menyiksa sambil nyeruput jahe anget dan ngeliat orang lalu-lalang. Tips klo ke sini mending bawa jaket deh, soalnya udara malam yg dingin + (sekali lagi) nunggunya lamaaaaa bisa jadi faktor pemicu masuk angin.

Lesehan SBTB ****
SBTB = Sebelah Barat Terang Bulan, ini lesehan yg buka di emperan toko batik Terang Bulan. Jam bukanya pun abis burtok, kira-kira jam 9:30pm deh sampe tengah malam. Spesialis burung dara dan emang enakkk banget, sebanding sama harganya yg premium untuk ukuran kaki lima. Posisi SBTB ini di Jl. Malioboro arah ke Beringharjo, sebelah kiri jalan.

Lesehan Sebelah Barat Terang Bulan

Burung Dara Goreng SBTB

Ayam Mbok Sabar ****
Di sini ayamnya dibacem dulu sebelum digoreng, jadi bumbunya ngeresep bangettt. Saya pernah bawain ini buat orang rumah, dan semua memuji kelezatannya. Ibu (alm.) bahkan bilang ngga pernah nemu ayam seenak itu di Jakarta. Sayang, terakhir ke sana udah bertahun-tahun yang lalu, jadi ga bisa update gimana rasanya sekarang.

Cak Koting ***
Warung makan ini sedia ayam-ayaman & bebek-bebekan. Buat saya sih ngga terlalu spesial, lebih cocok buat yang kangen bebek goreng pake sambel ala JaTim yang nonjok pedesnya.

Bebek Goreng Cak Koting

Bebek Goreng Cak Koting

Beukenhof Resto ****
Ini kafe di komplek Museum Ullen Sentalu, Taman Wisata Kaliurang. Kafenya bagus banget, kayak rumah di Eropa gitu deh. Mana suasananya ngelangut gitu, plus angin sepoi-sepoi. Makanannya cukup enak, ketara dari bahan yang berkualitas. Harga juga premium, kayak kafe di Jakarta.

Resto Baukenhoff

Resto Baukenhoff

Iga Bakar Warung ***
Di Jl. Kaliurang, kiri jalan sesudah UGM klo dari kota (nama daerahnya Jakal klo ngga salah). Cukup enak tapi ngga enak banget gitu. Mungkin karna saya terbiasa sama iga bakar di Jakarta yg empuk dan bumbunya variatif, sementara pas di sini bumbu bbq-nya mirip bumbu botolan.

Iga Bakar Madu

Iga Bakar Madu di Warung Iga Bakar

House of Raminten ***
Ini juga salah satu tempat yang must visit di Yogya. Dia ada beberapa cabang, tapi saya beberapa kali mainnya ke cabang Kotabaru. Tempatnya gede dengan berderet-deret area lesehan, nyaman banget buat kongkow. Jangan salah, meski tempatnya gede tapi selalu penuh, untungnya untuk waiting list dikasih area dengan kursi2 yang banyak. Makanan & minumannya murah dengan rasa lumayan. Yang lucu, pelayan prianya gemulai, sementara yang perempuan pake kemben. Yang lebih lucu, klo kita ke toilet, ngelewatin kandang kuda (hehehe) jadi jangan kaget ya.

Menu unik di House of Raminten

Menu unik di House of Raminten

Rujak Eskrim Pakualaman ****
Semangkok rujak serut ditutup eskrim yg kenceng rasa santannya. Sumpah ini enakkk banget, apalagi dimakan siang-siang. Lokasinya di area Pura (Istana) Pakualaman. Nah nyebrang dikit bisa mampir ke pusatnya Cokelat Roso yg ada rasa jamu-jamuan. Cokelat Roso juga sedia tela cake, tapi IMHO rasanya biasa aja.

Rujak Eskrim Pura Pakualaman

Rujak Eskrim Pura Pakualaman

Angkringan Lik Man ***
Letaknya di belakang (atau depan ya?) Stasiun Tugu, pokoknya berlawanan arah sama Malioboro deh. Lik Man ini yang paling rame, klo rame bisa pindah ke sebelahnya aja, toh suppliernya sama (katanya). Saya seneng makan angkringan Yogya soalnya rasa nasi kucingnya enak, ngga kayak di Jakarta :p

Sego Kucing Angkringan Lik Man

Sego Kucing Angkringan Lik Man

Jejamuran ***
Konsepnya unik, resto spesialis makanan berbahan jamur. Agak jauh dari pusat kota, tapi bisa ngelewatin klo kita mau ke Kaliurang atau Borobudur. Ada sate jamur, rendang jamur, tongseng jamur, dsb dan hampir semuanya enak. Harganya cukup murah tapi sayang porsinya kecil.

Jejamuran

Aneka makanan berbahan dasar jamur di Jejamuran

Selain makanan-makanan di atas, saya juga pernah nge-review Bakmi KadinKafe Peppermint, Bale Raos, dan Udang Bakar Mang Engking di Pondok Makan Pelem Golek

7 thoughts on “Makan di Yogya (1)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s