Kereta Kencana

Transportasi Yogya

Jujur, saya ini orangnya sok jago. Suka traveling sendirian, padahal ngga bisa bawa kendaraan. Yang sengsara klo jalan-jalan ke daerah/obyek wisata yg transportasi umumnya terbatas, mau ngga mau harus sewa kendaraan beserta supir. Ini saya rangkum beberapa moda transportasi Yogya yang saya tau/pernah saya naikin. Harga-harga mungkin sudah berubah ya, mending googling/telp dulu untuk cek.

Becak
Pengalaman saya naik becak di Yogya bisa diitung jari. Pernah ditawarin harga 5rb buat dari Keraton ke Taman Sari, tapi ternyata harus mampir-mampir ke toko bakpia, batik, dan kaos. Pernah juga ditawarin 10rb dari Stasiun Tugu ke Ibis Malioboro, dan saya tawar abis2an karna saya tau itu jaraknya deket. Ternyata emang tarif standar di area Malioboro itu 10rb, pantesan sederet tukang becak ngga ada yang mau ditawar😛

Taksi
Ini paling aman deh, ngga perlu mikir, tinggal liat argo. Cocok dipake buat ke mana-mana kecuali dari kota mau ke Museum Ullen Sentalu (Kaliurang)😀
Oh iya, di Yogya ada taksi avanza, asik dipake klo rombongannya 4 – 7 orang. Tarifnya juga katanya sama kayak taksi biasa (please CMIIW).
Jas Taksi (Taksi Avanza) – (0274) 373737

TransJogja
Kayak busway di Jakarta, tapi jalurnya berkelok-kelok. Dari Malioboro ke Prambanan butuh waktu 1 jam lebiiiih, padahal klo naik taksi palingan 30 menit. Enaknya sih murah dan ber-AC, lagian sebagai turis mah asik-asik aja muter-muter keliling kota.

Ojek/Motor Taksi
Ini cocok banget buat solo traveler *insert meme forever alone*. Jadi sistemnya, kita telp ke nomor hotline, kasih tau tujuannya dari mana mau ke mana. Nanti operator akan kasih estimasi biaya/ongkosnya. Klo kita OK, ojek akan datang menjemput sesuai jadwal yg ditentukan, nyalain argo dan bergerak ke lokasi tujuan. Yang harus dibayar adalah angka sesuai argo, biasanya sih ngga jauh beda sama estimasi di awal.
Jogja Motor Taxi – (0274) 6526521 / 3015900
nemu di twitter: @ojacktaximotor – (0274) 700 0707

Rental Mobil
Yang pernah saya coba:
Aselia Transport. Tarif 225rb untuk avanza 12 jam tanpa bensin. Waktu saya bilang cuma mau ke Taman Wisata Kaliurang trus balik ke kota trus ke bandara, supirnya nyaranin untuk isi bensin 50rb saja. Sayang dapet supirnya kurang sregep, pas mau ke Bakpia Kurnia Sari dan ngga nemu-nemu rukonya (padahal posisi kita udah di Jl. Glagahsari), dia malah nelp temennya buat nanya, bukannya tanya ke penduduk sekitar.
SAHI rent car. Ini murah banget, avanza + supir cuma 199rb untuk 12 jam. Dapet info dari kaskus, saya kontak2an via SMS a.n. Yuliana Bongso 08122942229
Jogja4Roda. Tarifnya xenia + supir 250rb untuk 12 jam nyampe Karanganyar/Solo (itungan supir luar kota). Saya SMS-an sama Mas Aan 087839855442. Dapet supir yg asik, namanya Ucok (orang jawa, hehehe), orangnya seru & gaul, banyak tau tempat2 asik di yogya. Perjalanan 14 jam jogja kota – solo – candi ceto & sukuh (karanganyar) – solo – bantul – jogja kota ngga terasa melelahkan karna sepanjang hari banyak becandanya. Notelp Mas Ucok 085867070082.

Rental Motor
Yogya sekarang macetnya atapiloh deh, jadi rental motor bisa jadi alternatif terbaik untuk transportasi dalam kota. Katanya sih banyak di area Sosrowijayan/Prawirotaman, tapi berhubung saya ngga pernah nginep di daerah sana ya ngga tau. Yang saya pernah coba adalah Pamitran Rental, dapet info dari kaskus. Tarif motor matic 50rb/hari, sudah disediakan rain coat & 2 helm. Klo penyewa bukan orang Yogya, mereka mensyaratkan untuk ditunjukan berbagai macam surat/kartu identitas (KTP, KK, surat keterangan kerja, tiket pesawat pulang, dsb. dsb. pokoknya banyak deh). Jadi mending minta tolong teman/kerabat yang orang Yogya untuk pinjemin untuk praktisnya.

4 thoughts on “Transportasi Yogya

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s