Vimanmek Mansion

[Thai 2009] Day 3a: Vimanmek Mansion

Dari hotel kami naik taksi ke Bo Bae Market yang katanya jual baju-baju murah. Ternyata dia kayak tanah abang gitu, ada baju yang bagus, tapi banyak yg biasa aja. Harganya murah tapi rata-rata ngga bisa beli satuan, harus beli 3. Kami sarapan nasi ayam hainan di sini, super enak & harganya 35B saja, hahahaha.

Hainanese Chicken Rice

Nasi Ayam Hainan di Bo Bae Market

Dari Bo Bae lanjut ke Vimanmek Mansion. Tiket Grand Palace udah termasuk tiket ke Vimanmek Mansion yang bisa dipake max 1 minggu dari tanggal tercetak. Klo mau beli terpisah, harganya 100B. Vimanmek Mansion ini ada di Dusit Palace, komplek istana yang luaaaaas banget. Di sini banyak museum-museum gede dan kecil, jadi klo jalan santai bisa seharian di sini. Arsitektur bangunannya pun macem-macem dan cantik-cantik, biasanya dijaga sama PNS yang lagi santai-santai, kayak di Indonesia deh, hehehe.

Masing-masing museum ada loker di depannya untuk taruh tas & kamera (ngga boleh foto di dalam museum). Fasilitas loker gratis kecuali di Vimanmek Mansion. Beberapa museum mewajibkan kita buka alas kaki, jadi jangan pake sepatu boot ya ke sana, susah bok bukanya😀

Vimanmek Mansion

Vimanmek Mansion

Vimanmek Mansion (พระที่นั่งวิมานเมฆ) adalah bangunan jati emas (golden teak) terbesar di dunia. Dulunya ini bangunan villa musim panas di pulau Ko Si Chang, tapi kemudian dipindah ke Bangkok tahun 1901. Di sini ngga bisa masuk sendiri-sendiri, tapi harus ikut tur berpemandu, gratis dan ada tiap 15 menit (klo ngga salah). Vimanmek ini IMHO mirip keraton Yogya, isinya ruangan2 kerajaan beserta kelengkapan dan memorabilianya. Gedungnya meski kuno tapi udah dipasang HVAC canggih, jadi sejuk aja bawaannya.

Vimanmek Mansion

Ananta Samakhom Throne Hall (click for more pics)

Abhisek Dusit Throne Hall dibangun tahun 1904, dulunya dipake untuk jamuan kenegaraan. Eksteriornya campuran gaya Victoria dan Islam, sekarang dipakai untuk menyimpan kerajinan tangan tradisional buatan rakyat Thailand.

Anantasamakhom Throne Hall (พระที่นั่งอนันตสมาคม), dibangun tahun 1906 dengan gaya Renaissance and neo-classic. Sekarang digunakan sebagai museum penyimpanan kerajinan Thailand yang bernilai tinggi, seperti miniatur kapal, wat, dan istana dari emas. Tiket museum ini 50B, beda lagi sama Vimanmek Mansion, tapi well worth it kok.

 

Vimanmek Mansion
Ratchawithi Road, Dusit
Open: Daily 09:30AM – 4PM
(ticket booth closed at 3:15PM)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s