Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu

Setelah membayar tiket masuk sebesar 25rb, saya harus menunggu karena cuma datang sendirian. Museum ini memang punya kebijakan minimal 2 orang untuk mengikuti tur dengan guide. Kebijakan yang cukup bagus, soalnya klo cuma ditinggal berdua sama guide-nya mah saya juga takut. Jangan-jangan tiba-tiba guidenya menghilang atau jalan nembus tembok, hahahaha. Sekitar 30 menit kemudian ada 2 turis perempuan datang, dan guide pun menjemput kami untuk memulai tur selama sekitar 45 menit.

Ullen Sentalu

Ini adalah satu museum tercantik yang pernah saya datangi. Ullen Sentalu terdiri dari beberapa bangunan kuno dan taman yang ngga kalah cantik. Patung, lukisan, dan benda-benda seni peninggalan raja-raja Mataram berderet-deret menghiasi museum ini. Ada juga beberapa lukisan misterius yang dilukis dengan teknik 3D, jadi mata obyek yang dilukis seolah-olah mengikuti ke mana kita pergi, hiyyyy…

Guide-nya sangat informatif, menjelaskan sejarah masing-masing benda, juga intrik-intrik di belakangnya. Ada 1 ruangan khusus yang isinya surat-surat dan puisi yang ditulis untuk Tineke, salah satu putri Paku Buwono XI. Sebagian besar berbahasa Belanda, jadi keliatan banget betapa majunya pendidikan anak-anak bangsawan pada jaman itu. Ada juga ruang untuk menghormati Gusti Nurul, salah satu putri Mataram yang berpengaruh dalam kehidupan pribadi Sultan Hamengkubuwono IX, juga ruang khusus menyimpan koleksi batik.

Ullen Sentalu

Sebagian besar ruangan di museum ini tertutup tanpa jendela, untuk menjaga koleksi di dalamnya supaya tidak mudah rusak. Tapi jangan takut pengap & gerah, soalnya selain struktur bangunannya yang menciptakan pendinginan alami, sistem AC yang terpasang juga sudah bagus. Tata pencahayaan dibuat dramatis untuk menonjolkan keindahan koleksi yang ada, tapi cukup redup di tempat-tempat lain. Jadi kesan utama yang saya dapat sih misterius ya. Di dalam museum ngga boleh mengambil foto, tapi di taman luarnya bebas kok.

Resto Baukenhoff

Resto Baukenhoff

Sesudah melihat semua ruangan, guide akan pamit dan pengunjung dipersilahkan beristirahat sambil meminum wedang yang berkhasiat membuat awet muda. Buat saya pribadi, guided tournya kurang lama, hehehehe. Harusnya mereka bikin 2 paket gitu, yang standar 25rb sama yang VIP dan durasinya lebih lama *ngarep*. Museum buka tiap Selasa – Jumat jam 8:30AM – 4PM (senin tutup). Habis itu bisa mampir makan/minum ke Baukenhof resto di belakangnya, yang jam bukanya sama dengan museum.

 

Museum Ullen Sentalu
Jl Boyong Kaliurang
Sleman Yogyakarta
Telp.: 0274 895161
http://www.ullensentalu.com/

2 thoughts on “Museum Ullen Sentalu

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s