Batam

[Singapore] 17 – Pulang :(

Harbourfront

Harbourfront Terminal

Hari Minggu jam 9 pagi saya udah mandi-rapi-jali dan dobel-cek keadaan kamar. Pas berangkat hari kamis, bawaan saya cuma koper kecil (bisa masuk bagasi kabin), backpack kecil buat naro dompet, paspor, dan snacks, sama tas kamera. Pulangnya bawaan saya nambah 1 travel bag berisi titipan, oleh-oleh dan belanjaan, hehehehe.

Di lobi hotel, deposit saya yang SGD300 dikembaliin SGD17.5, cocok sama rate kamar saya yang SGD88+/malam, atau sekitar SGD94.2nett. Saya sempet pake telpon kamar buat telp lokal ke temen saya dan ternyata ngga masuk dalam tagihan. Mungkin diitung gratis kali yaaa, toh telp lokal di sana kan murah.

Dari stasiun Farrer Park menuju Harbour Front agak rame karna weekend. Di Harbour Front, saya menuju pusat informasi buat nge-refund kartu ez-link saya. Total pemakaian saya selama di Sing adalah SGD11.8 + SGD5 untuk biaya kartu, ngga jauh beda sama sewa motor 4 hari di Kuta🙂

Habis itu saya ke Harbour Front Centre, naik eskalator ke lantai 1 buat cekin ke agen ferry. Saya harus bayar SGD16 untuk pajak, asuransi, dan bahan bakar. Karna udah ngga butuh SGD lagi, saya turun ke ground floor menuju money changer di situ, karna ada yang bilang kursnya lebih bagus daripada di Batam. Ternyata salah sodara-sodara, 1SGD di sana cuma dihargai 6,200IDR, padahal di Batam (Hang Nadim) 1SGD masih 6,350IDR.

Jam 11 ferry saya berangkat, dan sampai batam jam 11 WIB. Keluar dari gedung Batam Centre, saya menuju konter taksi untuk minta voucher. Nanti sama petugasnya ditulis tujuan beserta biayanya, kita tinggal bayar ke supir taksi, 70K juga. Sampe Hang Nadim belom ada jam 11.30, tapi saya langsung cekin dan minta Express Boarding (28KIDR) biar tas-tas saya bisa masuk kabin duluan, hehehe.

11 thoughts on “[Singapore] 17 – Pulang :(

  1. Buzzy Cute says:

    Ferry sekarang udah naik ya katanya? PP katanya udah pajak sekitar SGD 47 ya? waduh…..
    asal jgn visanya juga naik aja😀 katanya visa mau dihapus? wah bisa mondar mandir ke Singapore deh Din…. ^_^

    Like

  2. Adinda Erisyanita says:

    aku kemarin pp total sama pajak, asuransi, & fuel habis SGD41, asal belinya tiketnya di hang nadim, jangan di batam centre.
    ke singapur kan emang ga pake visa buzz, cuma bayar fiskal 500K. klo mau gratis bikin ktp batam aja *not recommended* :p

    Like

  3. Buzzy Cute says:

    Sorry salah ketik! iya fiskal….nah fiskal itu tempo hari gossipnya mau di hapus, cuma harga passportnya yg dinaikin (tau deh akhirnya gimana)
    Yup sekitar SGD 40-an lah ya…oh beli nya bisa dari hang nadine tho?? (buat buzz hang Nadine bukan nadim heheheeh)
    rata2 temenku yg ditugaskan di Batam punya KTP batam😉

    Like

  4. Buzzy Cute says:

    ya berarti gak harus dong Din🙂
    di rekomendasikan sbb kalo di batam center jd mahal …iya gak?? hehehee
    thx for the info….
    20,21 Maret libur kayaknya seru tuh ke batam trus ke singapore…😀

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s