Sungei Road Laksa

[Singapore] 16 – The Food

Yakin deh, beberapa orang pasti udah nungguin bagian ini dari catetan trip saya ke Singapore😛

Cerita dikit yah, sebelum saya berangkat ke Sing, selain buka-buka situs referensi makanan, saya juga ngga lupa cari resto fast food yang terima delivery. Yah, buat jaga-jaga aja in case saya laper tapi males keluar kamar, atau di sekitar hotel saya ngga ada makanan halal. Untungnya, beberapa fast food joint di Sing udah punya sertifikat halal, macam KFC, McDonald’s, Pizza Hut, dan Long John Silver. Jadilah saya berangkat bawa catetan menu delivery resto-resto itu, lengkap sama notelp hotline-nya🙂

Balik ke topik, situs referensi makan-makan yang saya buka antara lain:
http://www.makansutra.com
http://www.stomp.com.sg/stfoodiesclub/
http://foodlane.sg/pages/public/homepage.aspx
http://www.hungrygowhere.com/ <<< yang ini kebanyakan resto, bukan hawkers
http://whitelephant.wordpress.com/food/singapore-food-guide/guide-makansutra-07/ <<< listing makansutra 2007

Sungei Road Laksa

Sungei Road Laksa (click for more pics)

Dan ini daftar tempat makan yang udah saya coba:

Sungei Road Laksa
Blk 27 Jalan Berseh
#01-100 Jin Shui Kopitiam
9.00am to 6.00pm Closed 1st Wednesday of the month
http://www.makansutra.com/topten_sg.html
Laksa adalah mi yang disajikan dengan kuah kari. Minya putih gemuk semi-transparan, ngga kayak bihun indonesia tapi malah sepintas mirip spageti lunak. Kuah karinya bukan yang coklat mlekoh dan spicy a la India, tapi kari kuning kemerahan sedikit asam. Minya gampang meluncur di mulut dan kuahnya guriiih banget. Sesudah mi dan kuahnya disiram, laksa ini ditambahin toge, taburan daun ketumbar, sambel, kerang, dan potongan adonan ikan (mirip adonan kulit pempek tapi lebih lembut dan berasa ikan). Saya dari dulu paling sebel sama daun ketumbar. Mau seenak apapun Tom Yum atau Pho yang saya makan, begitu kegigit daun ketumbarnya, saya pasti langsung ilfil. Tapi entah kenapa di mangkok laksa ini daun ketumbarnya kerasa nyambung banget, baru pertama kali saya rela lidah saya dijelajahi herba yang satu itu. Kerangnya kayak kurang mateng, mungkin emang sengaja dia tonjolin kesegarannya yah. Saya makan sebiji trus baru nyadar klo saya alergi, habis itu sisanya saya singkiran. Beneran euy, malemnya perut saya berontak😛

Semangkok laksa cuma SGD2 dan minumnya bisa pesan teh susu di kios deket situ seharga 80c. Oh iya, Sungei Road Laksa ini kayaknya termasuk salah satu makanan yang wajib dicoba klo ke Sing, search aja di google: “Sungei Road Laksa”, banyak banget yang udah ngebahas, termasuk Makansutra.

Nasi Biryani di Komala's

Nasi Biryani di Komala’s

Komala’s Restaurant
330-332 Serangoon Road,
Singapore 218113
Tel : 6299-446
10AM – 11PM
http://www.komalasweb.com/home.html
Saya pesen paket nasi biryani seharga SGD7, isinya nasi biryani, vadai (bakwan), sejenis kerupuk, bhatura, 4 macem cocolan (kuning-kental-manis, semacam salah, kari chickpeas, dan kari kentang), dan minumnya iced lemon tea. Rasanya biasanya aja dan saya ngga habis makannya, mungkin karna ngga terlalu lapar. Yang jelas buat saya karinya tajem banget rasanya, agak males buat nyoba lagi. Komala’s ini cabangnya banyak, termasuk yang ada di Indonesia, hehehehe.

Fried Carrot Cake Tekka Market

Fried Carrot Cake Tekka Market

Fried Carrot Cake (Chai Tow Kway)
Yan Sen Cooked Food
Block 665 Buffalo Road
#01-389 Tekka Food Centre
7am – 3pm, closed on Mondays
http://www.stomp.com.sg/stfoodiesclub/lifeeats/Hawkers_CarrotCake/index.html
Carrot Cake di Sing sama sekali ngga ada wortelnya. Disebut carrot cake karna bahan utamanya adalah lobak putih, yang dalam bahasa Mandarin, pengucapannya mirip wortel (lobak merah). Bahan utama Carrot Cake adalah adonan dari tepung beras dan lobak putih, digoreng dengan kecap, telur, bawang putih, bawang merah dan ebi. Sekilas mirip orak-arik telur ditambah potongan adonan tepung beras yang buat saya rasanya mirip tofu tapi tawar. Rasanya not bad, tapi yang di Tekka Centre definitely bukan the best. Kerusakan cuma SGD2.5, minumnya saya beli jus deket situ seharga SGD2 untuk gelas gede.

McDonald's Singapore

McDonald’s Singapore

McDonald’s
http://www.mcdonalds.com.sg/
McDonald’s Singapore Science Centre 65696080
McDonald’s Harbour Front Centre 62718809
24 Hours on Fri, Sat and Eve of Public Holidays
McDonald’s Delivery 67773777 (24 hours)
Penasaran sama apple pie-nya, dan ternyata emang enak. Fillingnya terdiri dari adonan puree apel yang manis, potongan-potongan apel, dan saya juga nemu bau kayu manis. Kulit pie-nya renyah dan gurih, ngga terlalu manis. Enak banget, dan harganya cuma SGD1. Jangan langsung dimakan karna panas banget, dan begitu digigit isinya belepotan ke mana-mana kayak makan sus merdeka. Saya lebih suka dibawa pulang trus masukin kulkas. Enaknya lagi, di sini ada pilihan minuman green tea yang include sama paket makan. Sekali makan dan minum habis rata-rata SGD6-7.

Chapati Azmi Restaurant

Chapati Azmi Restaurant

Azmi Restaurant
168/170 Norris Rd (off Serangoon Rd)
Thye Chong Coffee Shop
7am-10pm daily
http://www.makansutra.com/reviews/2007_1001/index.html
Chapati adalah sejenis roti yang dibuat dari tepung gandum. Adonan kemudian dibentuk bulat lebar seperti pizza, dan dipanggang di atas permukaan tawa (sejenis wajan) yang panas, tanpa minyak. Untuk menemani Chapati, Azmi punya sekian belas menu kari, masala, yang berisi daging ayam, sapi, domba, daging cincang, maupun dhal. Chapatinya rasanya hangat, harum gandum, sedikit gosong, fluffy, enak banget waktu dipotong, ditekuk, trus dicelup mutton masala (atau curry ya? lupa :P) pilihan saya. Ngga heran dia disebut Chapati terbaik di Singapura! Mutton masala-nya meski spicy tapi buat saya ngga mengganggu dan ngga pahit, saya ngabisin sepiring sampai tetes terakhir. Harga Chapati-nya kurang dari SGD1, tapi mutton-nya sekitar SGD2 (lupa), teh susu 80c.

Tian Tian Hainanese Chicken Rice

Tian Tian Hainanese Chicken Rice

Tian Tian Hainanese Chicken Rice
Maxwell Road Food Centre, Stall 10
11am to 8pm Closed Mon
http://www.makansutra.com/topten_sg.html
Berhubung sering disebut die-die must try (Anthony Boudain aja pernah mampir ke sini), saya mau ngga mau harus nyobain juga. Eh beneran lho, jam 4 sore aja pas saya ke sini musti ngantri, gimana klo saya dateng jam 12 ya? Nasi ayam Hainan adalah makanan asli Singapore, yang dibawa oleh imigran dari Hainan, Cina. Jadi klo main-main ke Hainan, ngga ada tuh yang namanya Nasi Ayam Hainan. Dengan SGD2.5, saya dapet sepiring nasi berwarna kekuningan yang ditutup potongan ayam, acar, sambal, dan kuah kaldu. Nasinya, ayam dan kuahnya rasanya gurih dan light banget, dengan sedikit tendangan di sambel. Hmmm… saya ngga nyangka bisa nemu kenikmatan di spektrum rasa yang sederhana ini. Setuju lah, die-die must try, tapi saya penasaran juga sama vendor Nasi Ayam lain. Apalagi denger-denger chefnya Chatterbox mau buka Chicken Rice Stall juga tanggal 10 Maret besok
http://www.stomp.com.sg/stfoodiesclub/hawkerfare/26/index.html

Oh iya, minumnya saya beli jus plum merah yang seger, cuma SGD1.5 segelas gede. Asli tuh gelas gede banget, saya sampe musti bawa pulang jusnya dimasukin ke botol aqua.

Lain-lain
Es Krim Soya, SGD1.5
Es Krim soya saya beli di bazar CNY di Fullerton, dengan rasa yogurt – markisa. Model dan rasanya macem-macem, termasuk pake filling maupun ice cream cake (pake 2 potong biskuit di luarnya jadi kayak sandwich). Selain rasa-rasa konvensional, ada juga rasa kacang merah, durian, markisa, dsb.

Bubble Drink, SGD1.5
Bubble drink-nya beli di deket Far East Plaza (Orchard). Harganya segelas SGD1.5 klo polos, trus tambah 20c klo mau pake mutiara. Mereka sedia flavoured tea, crushed ice, milk tea, dan teman-teman. Gelasnya gede, ngga habis-habis diminumnya, jadi mending beli kalo haus banget. Rasanya lumayan lah, di Jakarta juga ada. Oh iya, pas minum ini saya duduk di depan KFC, dan di situ banyak burung merpati seliweran kayak ngga takut sama pengunjung. Ada papan peringatan supaya membuang sisa makanan di tempat sampah, dan saya liat di depan saya bapak-bapak dengan wajah melayu lagi makan KFC. Perasaan saya ngga enak, dan ternyata bener si bapak sesudah makan langsung ninggalin aja sisa nasi sama ayamnya di atas meja. Ngga berapa lama langsung dateng deh burung matuk-matukin sisa makanan si bapak (kanibal kali ye, unggas makan unggas). Saya ngga tau itu orang Indonesia atau bukan, yang jelas malu-maluin aja deh😛

CMK Restaurant
Malam terakhir sebelum belanja-belanji di Mustafa Centre (belakang hotel saya), saya pengeeen banget makan roti prata. Gile aje, masa jaoh-jaoh ke Singapore ngga nyobain roti prata. Resto CMK ini buka 24 jam, dan letaknya persis di persimpangan depan Mustafa. Saya pesen egg prata yang pengennya pake gula atau madu, tapi ternyata mereka cuma serve pake kari (lagi, kari lagi). Rasanya masih jauh di bawah roti prata di Jl. Biak, Roxy. Ada juga soup kambing, tapi rasanya kari juga, kurang sedep. Makannya pake roti, dan rotinya agak basi, ngga cocok ah. Karna dua kali kecewa, saya pesen lagi nasi goreng kambing, dan nasi gorengnya rasa kari, hehehe. Tapi lumayan nyambung kok dan bau karinya ngga mengganggu. Harga makanan yang saya sebutin tadi antara SGD 2 – 5. Kayaknya dibanding orang India, lebih banyak orang Indonesia & Malaysia yang makan di sini🙂

12 thoughts on “[Singapore] 16 – The Food

Leave a Reply

