Hang Nadim Executive Lounges (Batam)

Kenapa “Lounges”? Karna saya ngga cuma cerita tentang satu, tapi dua executive lounge (EL) di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam. Berhubung jam 11.30an urusan cekin saya udah beres, pesawat baru dijadwalkan berangkat jam 13:25, dan naga di perut udah teriak-teriak, maka saya keluar lagi dari boarding lounge buat cari makan.

Di dompet saya ada dua kartu kredit yang punya fasilitas EL gratis: Mandiri & BNI. Sambil jalan keluar, saya telp CS-nya BNI dulu buat nanya di mana lokasi EL di Hang Nadim. Sekilas mata saya nangkep tulisan Mandiri Executive Lounge, jadi berbeloklah saya ke sana. Mandiri EL di sini bikin saya inget EL di Yogya, sepi! Suasananya nyaman banget, ada 4 bagian ruangan:
– depan: sofa-sofa + tv
– tengah: sofa-sofa, buffet makanan, & 2 pc yang terkoneksi internet
– belakang: sofa-sofa lagi
– ruang tidur: asli beneran ada. tapi ga saya foto soalnya ga enak sama yang lagi tidur di dalem.

Hang Nadim Executive Lounge
Mandiri Executive Lounge (click for more pics)

Makanannya ada kue-kue, lontong sayur nangka, jus, soft drink, air putih, teh & kopi, sama bubur kacang ijo. Rasa makanannya so-so, tapi tempatnya enak dan nyaman banget.

Kenyang di Mandiri EL, saya pindah ke El John Lounge, yang juga dipake untuk BNI EL. El John Lounge ini lounge bersama, karna selain BNI, ada beberapa kartu kredit lain yang juga pake lounge ini. Tempatnya lebih sempit dari Mandiri, mungkin karna begitu banyak kursi yang dijejalkan ke dalam ruangan. Kursinya model ukiran, bukan sofa nyaman kayak di Mandiri EL. Di ujung ruangan ada tempat refleksi, 50KIDR saja untuk pijat 30 menit.

Makanannya lebih variatif, jenis dan jumlah kuenya lebih banyak. Selain lontong sayur, ada nasi dan lauknya juga, meski ngga lengkap. Jusnya lebih menarik karna udah disediain dispenser khusus, ngga kayak di Mandiri EL yang musti ngeluarin dulu dari dalem kulkas. Rasa makanan secara keseluruhan juga lebih enak, cuma saya kurang suka sama suasananya yang rame dan kurang nyaman.

Dari trip ini, tambah lagi satu pelajaran yang nangkring di otak saya: sebelum berangkat, catetlah lokasi Mandiri & BNI EL di semua bandara yang akan saya singgahi!

6 thoughts on “Hang Nadim Executive Lounges (Batam)

  1. abisnya binun 2 jam mau ngapain. anggep aja sarapan sama maksi dirapel, soalnya paginya emang ngga sempat sarapan πŸ˜€

    klo ngga gini, gw ngga bisa ngasih report perbandingan Mandiri sama El John kan? πŸ˜‰

    Like

Leave a comment