Singapore Science Center

[Singapore] 14 – Singapore Science Centre: Tesla Show

Singapore Science Center

Tesla Show (click for more pics)

Karna saya datengnya udah kesorean, cuma dapet liat demo ini. Sebenernya jam 11an ada demo proses terjadinya Thunder yang pastinya seru. Untuk Tesla Show, alat yang dipake adalah kumparan Tesla yang dialiri arus listrik tegangan tinggi, 10kV-an klo saya ngga salah denger. Sebelum demo dimulai, pengunjung diminta untuk menutup telinga, karna demo akan sangat berisik.

Demo pertama adalah jika kumparan menggunakan 2 terminal di ujung (atas) kumparan. Setelah arus mengalir, kumparan bergetar dan mengeluarkan suara keras, lalu dari kedua terminal di ujung kumparan timbul percikan bunga listrik dengan suara meledak-ledak. Selanjutnya sumber arus dilepas, kemudian salah satu terminal juga dilepas.

Dengan hanya satu terminal, saat arus mengalir, bunga listrik yang terjadi lebih besar intensitasnya daripada yang pertama (2 terminal). Ini karena discharge yang terjadi hanya melewati satu jalur saja, tidak terbagi 2.

Saat arus masih mengalir, beberapa penonton diberi lampu TL dan diminta mendekat ke arah kumparan. Kemudian terlihat bahwa lampu-lampu TL itu menyala meskipun tanpa kabel, memperagakan bagaimana prinsip Tesla bisa digunakan untuk wireless power transmission.

Terakhir adalah penambahan balon di dekat kumparan Tesla. Saat arus mengalir dan bunga listrik mulai terbentuk, selang beberapa detik bunga listrik tersebut menyambar balon yang ada di dekatnya. Balon yang berisi hidrogen (bukan helium, helium sifatnya inert sehingga tidak mudah terbakar) langsung meledak dengan keras, membuat akhir yang dramatis dari demo sepanjang 10 menit ini.

One thought on “[Singapore] 14 – Singapore Science Centre: Tesla Show

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s