Singapore Science Center

[Singapore] 13 – Singapore Science Centre

Dari stasiun Little India naik Purple / North East Line jurusan Harbour Front, turun di stasiun transit Outram Park. Habis itu pindah ke kereta Green / East West Line jurusan Boon Lay, turun di Jurong East. Sesudah Outram Park menuju Jurong East, stasiunnya di atas tanah semua. Seru juga, jadi bisa liat kehidupan warga Sing yang ngga tinggal di “city”.

Dari stasiun Jurong East bisa naik bis atau jalan kaki ke Singapore Science Centre (SSC). Karna udaranya enak, saya pilih jalan kaki aja lewat pasar. Pasarnya kayak pasar Indonesia, jualan mulai dari kebutuhan sehari-hari sampe pulsa hape dan jam tangan aspal. Ada satu toko yang ngantrinya puanjaaang banget, ada kali 50 orang ngantri. Trus saya liat ada tulisan di depannya bahwa dia adalah cabang resmi dari Singapore Pools. Belakangan saya baru tau klo toko itu jual TOTO (lotere), pantesan ngantri banget.

Saya sempet ngalamin kejadian yang lucu-lucu-oon di deket perempatan Jurong East. Jadi gini, sebenernya di Sing tuh peraturannya adalah di zebra cross, pengendara harus selalu mendahulukan orang yang menyeberang jalan. Di arah depan saya ada zebra cross, dan dari arah kanan meluncurlah double decker (bis tingkat) guede dengan kecepatan tinggi. Sebagai orang Jakarta, saya refleks dong, langsung berenti di depan zebra cross, nunggu si bis lewat. Ternyata si bis ngurangin kecepatan dan berhenti di deket saya, sambil supirnya senyum nungguin saya nyebrang! Hahaha, mungkin dia mikir, ini orang udik dari mana ya?

Singapore Science Center

Baju Astronot (click for more pics)

Biaya masuk SSC SGD6, tapi saya ambil paket yang sama IMAX show-nya, SGD12.8. Filem yang saya tonton adalah Secrets of the Mummy, karna di SSC memang lagi ada Mummy Exhibition. Saya blum pernah ke Keong Mas, jadi ngga bisa bandingin Omni Theater di sini sama Keong Mas. Yang jelas bentuk layarnya membulat, kayak bagian dalam dari 3/4 bola, jadi mungkin agak pusing juga kali ya klo ibunda saya ajak nonton di situ.

Selain Mummy Exhibition, di sana juga lagi ada Virus Exhibition, tentang penyakit-penyakit di sekitar kita. Konsep SSC ini unik, karna selain majang alat-alat, replika, foto, juga ada simulator yang bisa dinyalain buat peragaan berbagai fenomena sains. Ada beberapa alat yang rusak (hehehe, ngga cuma di Indonesia ya), tapi yang running well lebih banyak. Saya di sini “cuma” 4 jam-an dan asli itu kuraaang banget. Lebih enak klo dateng pagi trus ngabisin seharian di sini, karna banyak demo-demo sains sepanjang hari. Oh iya, anak-anak dijamin betah karna ada wahana Waterworks (permainan air) dan Kinetic Garden (mainan motorik) di area outdoor. Di samping SSC juga ada Snow City, tapi saya ngga begitu tertarik ke sana

 

Singapore Science Centre
10.00am to 6.00pm
Closed on Mondays except school and public holidays
http://www.science.edu.sg/

Leave a Reply

