Tai Hoe Hotel

[Singapore] 01 – Preparation

Sepulang dari liburan ke Bali bulan Maret 2007, saya bikin catetan mental di otak saya untuk nyisihin waktu dan dana buat liburan tiap taun. Waktu yang tepat menurut saya adalah antara februari – mei: ngga masuk high/peak season (less crowd, cheaper room rates), (seharusnya) ngga termasuk musim hujan, ada tenggang waktu yang cukup sesudah lebaran (baca: banyak waktu nabung), dan ada tenggang waktu yang cukup juga sebelum lebaran (misalnya saya tiba-tiba pengen ambil short trip yang ngga terlalu jauh).

Sekitar bulan April 2007, Air Asia ngadain promo dan saya bisa dapet tiket PP Jakarta – Batam dengan harga 210K saja. Emang judulnya musti ke Singapur nih, pikir saya. Setelah browsing sana-sini, saya mulai berburu kamar hotel tepat sebulan sebelum berangkat.

Target pertama, tentunya, New Seventh Story Hotel. Too bad, dia full-booked, tapi nyaranin saya buat coba hotel South East Asia. Saya kontak South East Asia, dan dia kasih rate yang sama ama websitenya, tapi… ADA SURCHARGE SGD20! Saya coba tanya, surcharge ini berlaku tanggal berapa aja? (Saya pikir karna mau ada Singapore Air Show, makanya dia kenakan surcharge). Ternyata surcharge-nya berlaku sepanjang tahun s.d. 23 September 2008, sesudah itu surcharge jadi SGD30. Waduh, ini sih menurut saya namanya nipu. Bilang aja rate-nya starting SGD100, apa susahnya sih?

Saya bukan backpacker, tapi saya juga bukan lavish traveler. Yah bisa dibilang budget traveler lah. Makanya saya nyari hotel yang rate-nya ngga terlalu mahal, tapi dia ada kamar mandi dalem, kamarnya ada jendela (penting :p), tidurnya sendiri (bukan bunk beds ber-6 apalagi ber-60 orang) dan ngga berada di red light district. Akhirnya setelah kontak ke beberapa hotel, saya mutusin untuk nginep di Tai Hoe Hotel, cuma jalan kaki ngga nyampe 5 menit dari stasiun MRT Farrer Park. Klo mau ke Mustafa Centre juga deket banget, cuma selisih 1 gedung dari hotel saya🙂

Ini rangkuman hotel yang udah saya kontak beserta harga dan lokasinya:
New Seventh Storey Hotel, 200m dari MRT Bugis
DELUXE (double/twin)    (Private Bath)          S$86/US$58
SUPERIOR (double only)    (Private Bath)      S$83/US$56
STANDARD (double/twin)    (Common Bath)  S$56/US$38
BACKPACKER(4 persons to a room, Common Bath)     S$17/US$11
Extra Bed/Person                                        S$15/US$10
http://www.nsshotel.com/
Kayaknya musti reservasi berbulan-bulan sebelumnya soalnya ngetop banget, hehehe.

South East Asia Hotel, 300m dari MRT Bugis
Standard Single Room     S$80
Superior Single Room      S$90
Triple Room                    S$98
Family Rooms (one double + two single beds) S$120nett.
The rate is inclusive of a 7% government tax and breakfast.
There is a surcharge of $20nett per night per room from now to 23/9/08. As from 24-29th September, it is $30nett.
http://www.seahotel.com.sg/

Mayo Inn, belakang Sim Lim Tower, 400m dari MRT Bugis
9-A Jalan Besar, Singapore 208786
email: mayoinn@hotmail.com
fax: (65) 62958218
phone: (65) 62956631
Rate katanya sekitar SGD60, tapi waktu saya tanya, mereka full-booked. Hotelnya kecil kayak ruko, mirip Hotel Kerbau di Jl. Kerbau (Little India).

VIP Hotel, 500m dari MRT Newton
S$100 nett per night for single or double occupancy.
The quoted nett room rate is after a 20% discount and inclusive of 10% Service Charge, 7% GST and complimentary Continental Breakfast in our Coffee Corner, from 5.30am to 10am daily.
http://www.viphotel.com.sg/
Warning: rate sudah berubah per 16 Februari 2008.

Classique Hotel, 500m dari MRT Farrer Park
Standard      S$100.00
Deluxe         S$120.00
Triple           S$135.00 (Deluxe room with add-in roll away bed)
The quoted room rate is nett inclusive of 10% Service Charge, 7% GST and complimentary Breakfast. The different between the Standard rooms to the Deluxe rooms is that the Standard rooms do not have any windows to the external surrounding and it comes with 1 Queen size bed. For the Deluxe rooms, it will come with 2 single beds. (Air-con, Bathroom attached, TV Local Channels, AXN, Super Sports & Sports Channel)
http://www.classiquehotel.com.sg
Classique Hotel ini klo diliat dari luar, bangunannya keliatan lebih kuno daripada Tai Hoe Hotel.

1 B&B Singapore, 600m dari MRT Outram Park
En Suite (Private Bath):
1 – 2 persons w/ Breakfast SGD90, w/o Breakfast SGD85
3 persons      w/ Breakfast SGD110, w/o Breakfast SGD100
Double / Twin / Triple Room (Common Bath):
1 – 2 persons w/ Breakfast SGD70, w/o Breakfast SGD65
3 persons      w/ Breakfast SGD90, w/o Breakfast SGD80
http://www.1bnbsingapore.com/
Saya sebenernya tertarik juga sama yang ini, tapi ternyata mereka full-booked untuk D1 & D2, cuma kosong pas D3. Saya males aja bayangin musti pindah2 hotel dan geret2 koper di MRT.

Madras Hotel, 400m dari MRT Little India
Twin /double room     S$99.00 nett
Rates are inclusive of taxes and service charge. A simple complimentary breakfast will be provided in the morning.
http://www.madrassingapore.com/

Tai Hoe Hotel, 200m dari MRT Farrer Park
Single/Double Occupancy     S$88.00+
Triple Occupancy/Family (2A+2C, 12 yrs old and below) S$108.00+
Excluding GST 7% & no breakfast
http://www.taihoehotel.com/
Yang lebih deket lagi dari MRT Farrer Park ada Fortuna Hotel sama Claremont Hotel. Review dan foto-foto Tai Hoe Hotel menyusul yah…

 

14 thoughts on “[Singapore] 01 – Preparation

Leave a Reply

