Batam-Singapore Ferry

[Singapore] 03 – Naik Ferry

Jam 11.20 saya sampe Bandara Hang Nadim, Batam. Langsung menuju money changer yang ada deket situ, dan ternyata kursnya beda 100IDR dari Piti Pili. Jadi gini, malem sebelumnya tuh saya liat SGD1 = IDR6,550 di Piti Pili, tapi stok SGD mereka udah habis. Saya pergi ke money changer gede lain di Jl. Casablanca, kursnya SGD1 = IDR6,600, tapi SGD mereka juga udah habis, tinggal yang pecahan SGD1,000. Di Hang Nadim ini, kursnya SGD1 = IDR6,650. Mau ngga mau saya ambil aja, daripada repot-repot nyari money changer di Batam Center.

Batam Center

Batam Center

Di situ juga ada konter yang jual tiket ferry. Ada BatamFast sama Penguin yang jam berangkatnya mirip (cuma beda 10 menit), dan tarifnya sama SGD18. Habis itu saya keluar bandara ke arah taksi yang mangkal (di sini ngga perlu beli voucher taksi dulu), minta dianter ke Batam Center. Tarifnya fixed 70KIDR. Di dalem taksi, saya coba telp ke Tai Hoe Hotel, ngasih tau klo jam kedatangan saya mundur. Berkali-kali nelp pake VoIP-nya XL (IDR10/detik), ternyata ancur suaranya pelan banget. Akhirnya nyerah dan pake jalur biasa aja, toh telponnya ngga nyampe 1 menit.

Ferry Batam Singapore

Ferry Batam Singapore

Dari Hang Nadim ke Batam Center cuma 20 menit, trus saya lapor ke konter ferry buat cekin. Memang, di Batam Center ini pilihan ferry-nya lebih banyak, tapi saya ngga merhatiin satu-satu jam berangkatnya. Di konter ferry, saya harus bayar SGD7 buat seaport tax dan asuransi (di perjalanan balik nanti, seaport tax & asuransi dari Sing – Batam besarnya SGD16). Habis itu ke konter fiskal buat bayar fiskal 500KIDR, trus saya ngelewatin pengecekan imigrasi dan menuju ruang tunggu ferry. Oh iya, di sini apa-apa mahal, minuman botolan aja harganya hampir 10KIDR. Mending beli di Jakarta sekalian, hehehe.

Ferry Batam Singapore

Ferry Batam Singapore

Jam 12.40 penumpang ferry mulai dipanggilin supaya naik. Jadwalnya sih jam 12.50, tapi ferry baru berangkat jam 1PM. Ferrynya bagus deh, full AC, ada TV, kursinya empuk dan nyaman. Jangan bayangin ferry Ketapang – Gilimanuk ya, hehehe. Perjalanan ke Harbour Front kira-kira 1 jam, dan berhubung Singapur ada di zona GMT+8, saya sampai Harbour Front jam 3PM. Antrian imigrasinya pendek, ada 6 atau 8 konter imigrasi yang buka, dan jumlah orang di depan saya ngga nyampe 20 orang. Saya kebagian petugas seorang Madam berwajah India, dan agak ketus, tanya ini-itu. Saya disuruh tulis di Sing bakal nginep di mana, trus keperluannya apa, dsb. Tapi ngga menyulitkan kok, saya jawab dengan lancar dan dia kasih stempel ke paspor saya.

Leave a Reply

