Museum Kareta Karaton Ngayogyakarta

Museum Kareta Karaton Ngayogyakarta

Lokasinya deket sama Keraton, tinggal jalan kaki dikit. Sama kayak Keraton, dia cuma buka siang hari dan musti bayar tiket masuk + penggunaan kamera. Di dalem suasananya senyap dan mistis banget, mungkin karna saya dateng di jam yang agak sepi pengunjung (baca: tengah hari bolong :D).

Foto-foto diambil pake kamera ala kadarnya dan saya ngga berani pake blitz, jadi mohon mangap klo rada burem. Klik di foto untuk tau lebih banyak tentang kereta (or kareta) yang dimaksud. Oh iya, penjelasan masing-masing foto lagi-lagi saya dapat dari googling.

note: sebagian content blog saya musnah bersamaan dengan ditutupnya multiply. seharusnya di masing-masing foto ada penjelasannya, tapi keburu hilang sebelum sempat dipindahkan😦

Museum Kareta Karaton Ngayogyakarta

Roto Praloyo (click for more pics)

Dibuat di Rotowijayan, Yogyakarta dalam masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII tahun 1938. Kereta inilah yang membawa jenazah Sultan dari Kraton menuju Imogiri. Ditarik oleh delapan kuda, kereta roda empat yang cukup besar dan dihiasi empat lentera kristal ini digunakan untuk mengangkut jenazah keluarga raja. Menurut sejarahnya, tidak lama setelah kereta ini selesai dibuat, Sri Sultan Hamengku Buwono wafat tahun 1938.

Dari sejak dibuat sampai sekarang kereta ini baru digunakan dua kali. Yaitu pada pemakaman Hamengku Buwono VIII dan Hamengku Buwono IX. Seharusnya kereta ini ditarik oleh 8 ekor kuda putih. Tetapi pada pemakaman Hamengku Buwono IX di tanggal 8 Oktober 2002, karena kesulitan memperoleh kuda putih maka digunakan kuda kraton yang punggungnya ditutupi kain putih. Kereta berjalan dari Kraton ke pemakaman raja-raja di Imogiri dengan jarak tempuh sekitar 20 km. Karena seluruh pengawal berjalan kaki maka perjalanan ditempuh dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore !

4 thoughts on “Museum Kareta Karaton Ngayogyakarta

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s