Rasa Bakery

Bandung 9 in 1

Rasa Bakery

Rasa Bakery

“Are — you — mental?” He3x, klo Ron Weasley denger tentang rencana kami berlima, dia pasti akan bilang gituh. Saya tau, long weekend ke Bandung biasanya yang ada bukannya rileks, tapi malah bikin umur pendek karna darah tinggi, macet di mana-mana. Nevertheless, warning dari orang-orang tercinta ngga menyurutkan niat saya dan 4 sahabat perempuan untuk berangkat tanggal 17 Agustus kemarin.

Jalan dari Tebet jam 7.30 pagi, saya, Shinta, dan Linda si Wonder Woman (a.k.a. the driver) udah nyiapin diri untuk ngadepin trafik yang mengular. Mampir sebentar di pintu tol Jatibening buat jemput Ari dan Fika, kami ngga ngeliat antrian berarti bahkan sampai pintu tol Pasteur. Berhubung Linda belum sarapan, saya usul untuk berhenti pertama di Sam’s Strawberry Dago.

Sampai di depan FO Uptown jam 9.30 pagi (saya cek dulu di arsip milis, mereka buka mulai jam 9), Sam’s udah rame sama morning crowd. Kami berlima pesen 2 Yamin Manis Ceker Babat, 1 Baso Tahu, 1 Mie Ayam Jamur, 1 Yamin Baso Pangsit, 3 Strawberry Milkshake, 1 Strawberry Juice, dan 2 botol air mineral.

Ternyata saya ngga salah milih makan di sini sebagai pengganti Mie Akung (Akung tiap jumat tutup). Yamin Manisnya OK banget, apalagi dicampur kerupuk ceker (bukan ceker rebus) yang gurih. Cuma babatnya yang agak ngga matching. Rasanya tawar, jadi saya harus campur sama bumbu yamin biar agak nendang. Strawberry Milkshake pilihan saya juga yummy, ngga kayak SM di resto lain yang isinya mirip susu dikasih sirup. SM di Sam’s lebih mirip jus stroberi yang dikasih sedikit susu, hehehehe… Total kerusakan: 113.5K.

Sambil nurunin perut, kami jalan kaki ke Kartika Sari Dago, beli oleh-oleh buat orang rumah. Saya ngga ikutan beli karna ngga gitu suka bolen-bolenan. Meski jalanan sepi, tapi jangan salah, KS teuteup ajah rame. Butuh lebih dari 15 menit cuma buat nunggu mbak-mbaknya ngelayanin teman-teman saya dengan sistem antrian KS yang ngga jelas itu.

Balik ke mobil, karna blum ada ide mau ke mana (perut masih kenyang, dan kami berlima sama sekali ngga minat ke FO), saya ngusulin untuk leyeh-leyeh dulu di ITB. Setelah ngelewatin pos penjagaan, jam 11 lewat kami udah dapet spot duduk yang nyaman di bawah rindangnya pohon di depan Aula Timur ITB.

Muter-muter bentar, foto-foto dikit, teriak-teriak di titik akustik depan selasar Planologi, sholat di musholla Labtek Elektro, ngunjungin kolam Indonesia tenggelam, papasan sama adek kelas (duh!), jam 1-an saya ngusulin untuk makan eskrim jadoel langganan saya. Kerusakan: seikhlasnya buat parkir.

Resto Rasa ngga berubah dari jaman saya masih kuliah. Eskrim favorit saya juga masih ada: Coconut Royale. Tiga skup (skupnya ukuran kecil, hehehe) eskrim yang ditaruh di atas 1/2 butir kelapa muda, disiram koktail buah dan wafer coklat, trus ditaburi remahan kacang. Rasanya juga ngga berubah, as good as it was. Kerusakan: rata-rata 16.5K buat seporsi eskrim.

Dari Rasa, kami ke Burangrang buat beli Batagor Riri. Saya ngga nyaranin ke Kingsley karna mahal (hehehehe), tapi ternyata Batagor Riri cuma lebih murah 1000 perak per biji. Duh, sayang aja gituh sebiji batagor harganya sama ama sebungkus ketoprak yang biasa saya beli buat sarapan pagi. And I always thought 1.5KIDR for a tiny piece of somay was a rip-off🙂

Jalan dari Burangrang udah jam 2 lewat, kami balik ke Kartika Sari karna Ari janjian sama temennya dan saya dapet urgent SMS dari orang rumah yang kedatangan tamu dari jauh (baca: terpaksa bawa oleh-oleh). Sampai di KS, ibunda malah ngeralat SMS-nya dan mendaulat saya buat beli Brownies Kukus Amanda. Saya beli di kaki lima depan KS, 70K untuk 3 dus (harga asli 19.5K per dus). Gapapa lah, toh si Bapak paling panen rejekinya cuma pas weekend gini. Lagian mau disamperin ke Amanda-nya juga ngga bisa karna hari itu mereka tutup.

Keluar dari KS perut kami minta diisi. Saya nunjukin jalan buat ke Sawios karna pengalaman sebelumnya yang gastrorgasmic (he3x). Begitu parkir di depan BMC (Sawios adanya di gang kecil samping BMC), oh nooo, ternyata Sawios tutup! (si ibu ikutan lomba masak tujuh belasan kali :D). Karna dah kadung sampe BMC, kami mampir dulu buat minum susu.

Saya pesan susu stroberi dingin. Yah kayak susu rasa stroberi aja sih, nothing special. Dari jaman kuliah dulu saya emang ngga gitu suka ke BMC, karna seinget saya makanannya ngga ada yang die-die must try. Paling saya ke sini klo lagi pengen nongkrong aja sama temen-temen sambil minum susu atau yogurt. Tapi emang sih tempatnya enak, harganya juga enak, dan sekarang mereka ada VIP room-nya juga lho. Kerusakan: 5.5K buat segelas susu.

Masih dalam rangka ngidam masakan Sunda, saya lalu ngarahin mobil ke Jl. Ciliwung, tempat nasi timbel Istiqomah sekarang berada, yang ternyata… tutup juga! Habis itu karna lapar, teman-teman setuju aja waktu saya nunjukin jalan ke Setiabudi buat makan steak di Suis Terrace. Pas ngelewatin Jl. WR Supratman, eh ternyata ketemu Ampera, jadi kami makan di situ deh.

Pesen 1 ikan mas goreng, 4 ayam goreng, 2 empal, 4 udang goreng, 3 bakwan jagung, 3 bakwan udang, 2 pepes tahu, 2 pepes jamur, free flow lalapan & sambel, yang dimakan sama 5 porsi nasi plus 5 botol air mineral. Ayamnya enak, tapi saya paling suka pepes tahunya. Udang gorengnya so-so, bakwan jagungnya lebih enak di Ampera gang depan King’s (Dalem Kaum). Tapi sambelnya OK banget, temen-temen saya sampe minta plastik buat ngebungkus dan dibawa pulang, hehehehe. Total kerusakan: 125K.

Udah jam 5, tapi masih ada dua item yang blum tericip: Yogurt dan Surabi! Saya ajak ke Odise dulu, biar ngga perlu ngelewatin Jl. Setiabudi yang langganan macet. Sampai di Odise, temen-temen saya kalap beli yogurt kemasan kecil sampe bercup-cup. Di sana juga dijual Blue Punch, minuman legendaris yang saya dan Linda cuma pernah minum di… Madiun😀

Saya milih beli yocktail mangga aja buat diminum di jalan. Sebelum cabs, kami sempat ketemu juga sama Madame Valerie yang cantik. Kerusakan: 4K buat yogurt cup kecil, 5.5K buat yocktail mangga, 24K buat yogurt 1 liter.

Dari Odise, kami belok kanan lewat Surya Sumantri (Univ. Maranatha) ke arah Setiabudi. Di Surabi Imut, saya pesen surabi ayam spesial, yang pake suwiran ayam, sosis, trus disiram krim ayam. Dibungkus tentunya, karna perut udah overloaded. Kerusakan: 6K buat surabi ayam.

Balik ke Pasteur lewat Geger Kalong – Surya Sumantri lagi, jam 7 kami udah masuk tol. Ternyata sama aja, lagi-lagi jalanan ngga macet, jadi jam 9 udah sampe Tebet. Hehehehe, ternyata prediksi semuanya salah sodara-sodara sekalian, Bandung saat long weekend tetep OK kok. Bebas macet baik dari dan ke Jakarta, maupun di dalam kotanya sendiri. Klo diitung-itung, ada 9 tempat yang kami datengin, dan 9 makanan yang kami icip (and/or bungkus), semua dalam tempo kurang dari 10 jam. Tapi ngga tau juga yah klo kami memutuskan buat nginep, mungkin ngga akan se-beruntung ini ^_^

 

Sam’s Strawberry Corner
Jl. Ir. H. Juanda No. 84 – Bandung
(depan FO Uptown, selatan RS Borromeus) 
022 – 253 4450

Kartika Sari
Jl. Ir. H. Juanda No. 85 – Bandung
022 – 250 9500

Institut Teknologi Bandung
Jl. Ganesha 10 – Bandung

Rasa Bakery & Café
Jl. Tamblong No. 15 – Bandung
022 – 420 5330, 420 1428

Batagor Riri
Jl. Burangrang No. 41 – Bandung
+62 22 7303349

Brownies Kukus Amanda
Jl. Ranca Bolang No. 5
Margahayu Raya – Bandung
022 – 7077 4113

BMC
Jl. Aceh No. 30 – Bandung
022 – 420 4595

RM Ampera
Jl. WR Supratman
(dekat hotel Corsica)

Kios Yogurt Odise
Jl. Dr. Junjunan 131 Bandung
022 – 607 8201

Surabi Imut
Jl. Setiabudi – Bandung
(utara KFC Setiabudi)
HP: 0812-2173722

8 thoughts on “Bandung 9 in 1

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s