BBQ Ribs

Q Smokehouse Factory

Update: Q Smokehouse Factory cabang PangPol sekarang udah tutup, adanya di Setiabudi One dan Senopati.

Sabtu sore, setelah banyak ngabisin energi buat keliling tanah abang, saya ngidam makan malam yang mengenyangkan, ngga basa-basi doang. Sarapan saya cuma gorengan, makan siang “cuma” sop kaki, jadi wajar dong klo pengen menutup hari dengan sempurna, hohohohoho…

Target saya adalah Dharmawangsa Square, pengen tau ada resto apa aja di sana (hehehe jadi malyu akyu blum pernah ke DS). Duh, kok ngga ada yang menarik yah? Akhirnya puter haluan ke Panglima Polim, mau nyoba Q Smokehouse yang lagi sering dibahas di JS & multiply.

Q adanya di Pangpol IX, seberang Circle K. Jadi klo dari Blok M Plaza terus aja masuk Pangpol Raya, trus perempatan pertama belok kiri. Pas liat Circle K di kiri jalan langsung nyebrang aja, Q satu gedung sama butik Upstairs. Interiornya nyaman banget, boleh milih kursi kayu dan sofa (tapi sofanya ngga sampe bikin tenggelem kayak di kedai kopi). Di smoking area-nya ada TV, jadi bisa makan sambil nonton Aming *huhuhu, sayang saya ngga ngerokok*. Kebayang deh enaknya makan siang di sana, suasananya adem nan teduh gitu.

Saya review satu-satu menu yang muncul di meja saya yah:

BBQ Ribs

Barbeque Ribs

1. BBQ Ribs – Jumbo (49KIDR)
Isinya tiga potong iga sapi asap yang dibumbu barbekyu, ditemenin cabe jalapeno, salad, sama roti panggang. Dagingnya empuk tapi masih ngelawan, bumbunya meresap sampe dalam. Ngga mrotoli sih, tapi ngga pake keringetan juga klo kita mau nyopotin daging dari tulangnya. Yang buat saya sangat mengganggu adalah bumbunya. Ada jejak rasa yang sama ama BBQ Chicken Wings-nya Izzi Pizza, yang juga sama ama bumbu BBQ botolan merk Del Monte. Berhubung saus tomat dan sambal botolan yang dipake di Q juga merk Del Monte, saya mau ngga mau harus mencurigai bahwa bumbu BBQ Del Monte turun andil (entah sedikit atau banyak) dalam persiapan hidangan.

Q Rib Eye Hawaiian Steak

Q Rib Eye Hawaiian Steak

2. Q Rib Eye Hawaiian Steak – Medium (49KIDR)
Medium ini bukan ukuran gedenya steak, tapi tingkat kematangannya. Yang ini OK banget, firm dan juicy pada level yang saya mau. Bagian luar rib eye-nya coklat mengkilat sementara sebagian isinya masih kemerahan. Disajikan di atas sayur-sayuran, diatapi oleh secuil compound/composed butter, serta didampingi kentang goreng. Mentega berbumbunya bikin rasa rib eye asap jadi muantap muantap, padahal bener-bener ngga disiram saus, ngga kayak BBQ Ribs tadi. Kentang gorengnya juga ok, renyah dan ngga asin. Di bawah kentang saya nemu kejutan lucu. Bentuknya kayak bihun mentah yang digoreng garing, jadi rasanya tawar. Saya ngga tau itu apa, tapi asik aja ngunyah-ngunyahnya.

 Chicken Melannaise

Chicken Melannaise

3. Chicken Melannaise or something, lupa namanya :p (34KIDR)
Mirip Chicken Cordon Bleu, dada ayam isi daging asap & keju, trus dibalut tepung panir, disiram saus yang mirip ragu alla bolognese, disajikan bareng fetuccine alfredo. Fetuccine-nya yum yum, ayamnya predictable. In the end, fetuccine-nya malah habis duluan, sementara ayamnya musti saya bawa ulang karna sisa banyak.

Minty Pineapple

Minty Pineapple

4. Minty Pineapple (12.5KIDR)
Saya ngga terlalu suka minuman beraroma nanas, karna biasanya either ada bau aneh khas esens nanas atau ada rasa nyelekit di lidah. Tapi saya percaya sama rekomendasi Chica, makanya tetep mesen minuman yang ini. Ternyata… oooh… oooh… ini baru namanya pineapple at its best! Saya ngga tau gimana caranya mereka bisa ngambil manis dan asemnya nanas dengan sempurna, minus bau dan rasa khas nanas, dipadu dengan sedikiiit jejak mint. Superb!

Ginger Tea

Ginger Tea

5. Ginger Tea (10KIDR)
Penyajiannya unik: 1 cangkir air panas, 1 sachet teh jahe merk Dilmah, beberapa assorted sachet yang terdiri dari gula biasa, gula diet, sama gula aren (saya ngga merhatiin ada krimer atau ngga). Tehnya enyaaak *dilmah gitu loooh*

Orange Juice

Orange Juice

6. Orange Juice (free)
Ini komplimen karna saya pesen Special of the Day (which is masakan ayam yang tadi udah saya bahas). Jeruknya asli, masih ada bulir-bulirannya. Rasanya ngga mirip SunQuick jadi kayaknya jeruk beneran.

Berhubung bayarnya pake kartu kredit Mandiri (dapet diskon 30%), 3 main course dan 3 minuman tadi cuma ngabisin IDR124,911. Overall verdict: OK bangeeeeet! Yes, I will come again (apalagi klo masih ada diskon Mandiri *grins*). Tapi mungkiiin saya ngga pesen anything BBQ-flavoured (atau mungkin saya suruh temen saya aja yang pesen, jadi saya cuman ngicip doang, sapa tau sabtu itu lidah saya aja yang lagi error).

Q Smokehouse Factory
Jl. Panglima Polim IX No. 16
Telp: 021 – 720 0671

P.S.: Udah beberapa taun terakhir saya selalu belanja persiapan lebaran 2 – 3 bulan sebelum Hari-H. Kenapa? Karna pusat grosir masih nyaman dijelajahi, harga-harga belum menanjak, dan penjualnya masih ramah ngelayanin pembeli. Penting banget buat saya yang musti belanja sandang dalam jumlah yang besar.

12 thoughts on “Q Smokehouse Factory

  1. YoS Kebe says:

    JS adain kerja bareng ama ni tempat awal Agustus ini. acarane semacam kursus singkat cara bikin bbq yang maknyuss…
    sayangnya gue kagak bisa ke jakarta tanggal 5 agustus😦

    Like

  2. antono purnomo says:

    Salam kenal. Gue dah nyoba juga si Q ini. Kebetulan juga ketemu sama ownernya, mas Donny. Iya, BBQ saucenya agak gue komplen. Tapi, opsinya apa lagi yah, kecuali pake mixed. Sempet njajalin saus hasil eksperimen mas donny juga seh. Yummy.

    Like

Leave a Reply

