Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan (Bali)

Siangnya saya cekout menuju Kuta. Ngelewatin rute berangkat (Singaraja, Bedugul, Mengwi), perut udah mulai keroncongan sejak di Singaraja, tapi saya ngga tau musti makan di mana. Yang ada di file JS cuma Siobak Jl. Ahmad Yani, dan saya ngga bisa makan itu😦

Liat plang Git Git Waterfalls (tulisannya air terjun twin tiers, apa maksudnya ya?), pengen mampir tapi ada yang protes:
D: “Yuk, mampir yuk. Kayaknya keyen deh, air terjun bertingkat.”
P: “Nggak! Gw bisa mati lemes klo lu pake acara mampir-mampir segala. Udah jalan terus! Seinget gw di depan Danau Bratan ada resto masakan Lombok. Makan di situ aja!”
D: *nurut*
(note: D = Dinda, P = Perut :p)

Terpaksa bye-bye sama Git Git, saya lanjut ke arah Danau Bratan. Bener juga, di sebrang area parkir danau ada dua resto masakan Lombok. Saya pilih yang lebih rame, hehehehhe…

Makan siangnya puas, cuma dengan sekian belas ribu perak saya bisa nikmatin ayam plecing super pedezzz. Padahal kata mbaknya, ayam plecing tuh tingkat kepedesannya sedang, ngga sepedes ayam taliwang. Deuh, untung saya ngga pesen ayam taliwang. Bisa fire in the hole sepanjang jalan Bedugul – KutaπŸ˜€

Pura Ulun Danu Bratan

Ayam Pelecing

Abis makan tentunya nyebrang ke Danau Bratan, yang gambarnya ada di duit 50ribu-an itu. Di pintu masuk pura ada pohon beringin guedeeeee banget. Pasti umurnya udah ratusan tahun. Sayang, sebagian batangnya ada yang dipotong, dan saya liat trotoar di bawah pohon ada cekungan kayak bekas kejatuhan benda berat. Mungkin ranting (kok kayaknya ngga cocok dibilang ranting ya? wong gede-gede begitu) pohon beringin itu mulai ambruk dan ngebahayain orang di sekitarnya, makanya dipotongin.

Pura Ulun Danu Bratan

Pohon beringin

Tentang Pura Ulun Danu Bratan sendiri, saya terjemahin aja yah dari http://www.asiaexplorers.com/indonesia/bali/tamanayun.shtml
Pura Ulun Danu Bratan berlokasi di sisi barat Danau Bratan, Dataran Tinggi Bedugul pada ketinggian 1239 meter di atas permukaan laut. Danau Bratan sendiri dulunya adalah bagian dalam dari kawah Gunung Catur. Sebagai salah satu pusat irigasi di Pulau Bali, pura ini dibangun memuja Dewi Danu atau dewi danau. Umat datang untuk bersembahyang di sini dan berdoa mengharapkan panen yang berlimpah.

Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan

Berdasar pada manuskrip kuno dari Kerajaan Mengwi, Pura Ulun Danu Bratan dibangun tahun 1633 oleh I Gusti Agung Putu / Agung Anom, Raja Mengwi (ring-a-bell ngga? iyah, setaun kemudian beliau ngebangun Pura Taman Ayun yang juga udah saya datengin).

Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan

Setelah melewati gerbang utama, ada stupa besar dengan ukiran, kemudian terlihat pura utama Pura Teratai Bang. Ada juga pura yang lebih kecil Pura Dalem Purwa, yang dibangun untuk memuja dewi makanan dan minuman.

Pura Ulun Danu Bratan

Pura Dalem Purwa

 

Di pinggir danau ada pula dua pura dengan meru bertingkat. Yang besar dengan meru 11-tingkat adalah “rumah” dewa penjaga Gunung Mangu. Gunung Mangu sendiri adalah tempat tinggal Dewa Wisnu, sehingga pura tersebut dibangun untuk memuja Dewa Wisnu.

Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan

Pura lainnya adalah Lingga Petak yang lebih kecil dan lebih ke arah tengah danau. Pura dengan meru 3-tingkat ini dibangun untuk memuja Dewa Siwa, dan hanya bisa dicapai menggunakan perahu.

Pura Ulun Danu Bratan

Pelinggih Lingga Petak

Ketika pura direnovasi tahun 1968, ditemukan 3 buah batu berbentuk bulat dan panjang pada pondasinya, masing-masing berwarna merah, putih, dan hitam. Batu yang putih dipercaya sebagai “lingga” simbol Dewa Siwa yang melambangkan kesuburan.

Pura Ulun Danu Bratan

Stupa Buddha

Yang juga unik dari Pura Ulun Danu Bratan ini adalah keberadaan stupa Buddha. Ini menunjukkan bahwa kerukunan antar umat beragama sudah dipupuk sejak jaman dahulu kala.

9 thoughts on “Pura Ulun Danu Bratan (Bali)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s