Lumpur Lapindo

Mudik! – Day 4

Lumpur Lapindo

Lumpur Lapindo

Hari kedua lebaran, kami udah planning jauh-jauh hari untuk pergi ke Porong, kampungnya Mas Tofik. Mbak Susi (adek Ibu, istri Mas Tofik) udah ada di Porong sejak pertengahan September, seminggu sebelum keluarga saya mudik. Jadilah waktu habis nganter keluarga saya dari Jakarta sampai Magetan, Mas Tofik dan temen-temennya langsung bablas ke Sidoarjo.

Berangkat dari Magetan menjelang jam 12, Krista merah penuh sama dua keluarga: Keluarga saya dan keluarga Mbak Sun. Total 5 orang dewasa dan 3 anak-anak (Dek Andy pergi ke Madiun), so far masih nyaman. Keluar dari Madiun, kami masuk Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Pasuruan, dan jam 4 sampai di Porong. Istirahat bentar, kami dijamu masakan dari keluarga Porong. Ada sayur bening, ikan goreng, ikan bakar yang dikasih bumbu mangga dan super pedas, pepes jeroan bandeng, dan ayam buat yang ngga suka ikan.

Saya pernah ngadepin ikan bumbu mangga ini sebelumnya, jadi kayak dejavu ajah. Bumbu mangganya dibuat dari rajangan mangga (julienne) dicampur bawang merah, bawang putih, garam, dan cabe, loads of them. Saya ambil ikannya aja, trus bumbu mangganya saya singkirin, soalnya masih sayang sama organ pencernaan saya. Hekekekeke, masih blom mampu menghadapi dahsyatnya masakan khas Porong.

Habis makan, perut kenyang, siap-siap ngantri mandi. Malamnya di halaman rumah udah berjejer 5 motor yang siap nganter kami ngeliat daerah yang kena luapan lumpur vulkanik. Oh iya, desa Jemirahan tempat orang tua Mas Tofik tinggal ngga termasuk daerah yang terkena bencana, karna letaknya di sisi lain dari kali Porong. Lima motor tadi langsung dibagi-bagi supaya cukup nganter kami semua. Sempet malu ati juga sama adek sepupu saya yang lain, masa umur-umur 10 taun udah bisa bawa motor sendiri, ngga kayak saya 8)

Karna gelap dan cuma bisa liat dari jauh, kondisi realnya ngga terlalu keliatan. Saya cuma ng-identify semacam danau yang bau, dengan uap di sana-sini, serta beberapa puncak vessel. Mbak Susi janji, besok sepulang kami dari Tanggulangin akan mampir untuk ngeliat dari dekat.

Leave a Reply

